Breaking News:

Bakti Komunitas 'Jumputan' Kabupaten Magelang, Bantu Pemasaran UMKM Lewat Visualisasi Produk

Bakti Komunitas 'Jumputan' Kabupaten Magelang, Bantu Pemasaran UMKM Lewat Visualisasi Produk

Istimewa
Komunitas Jumputan saat menggelar audiensi dengan Bupati Magelang, pada Selasa (20/04/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten Magelang menyambut baik peran serta komunitas Jumat Motret Produk Gratisan (Jumputan) untuk membantu pemasaran produk-produk UMKM di Kabupaten Magelang melalui visualisasi produk.

Ketua Komunitas Jumputan, Desi Rialistiowati menjelaskan, komunitas Jumputan merupakan komunitas yang peduli dengan UMKM, yang hadir sejak masa Pandemi Covid-19.

Menurutnya, pada saat itu banyak sekali permasalahan yang diterima oleh komunitas Jumputan.

Di antaranya pelaku UMKM kesulitan untuk memasarkan produknya karena harus beralih dari pemasaran secara konvensional menjadi pemasaran secara online.

Hal ini akhirnya memunculkan ide gagasan bagi komunitas Jumputan (para pegiat foto) untuk berkontribusi lebih banyak kepada teman-teman UMKM di Kabupaten Magelang, salah satunya dengan melakukan kegiatan fotografi produk UMKM secara gratis untuk membantu pemasarannya secara visual.

"Supaya temen-temen pelaku UMKM ini bisa lebih terdukung dengan adanya foto produk yang lebih menarik," jelasnya, Selasa (20/4/2021).

Lebih lanjut, Desi berharap komunitas Jumputan ini nantinya bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang, utamanya agar para pelaku UMKM di Kabupaten Magelang bisa memanfaatkan jasa komunitas tersebut secara gratis.

Baca juga: Kapolda Jateng Resmikan Grhayandu Presisi Polres Klaten

Baca juga: Kapolda Jateng: Penyekatan Pemudik di Prambanan Dimulai H-7 Idul Fitri 2021

"Meskipun jasa kita gratis, namun kita akan memberikan fasilitas dengan semaksimal mungkin dengan kemampuan kita," katanya.

Desi mengatakan, kegiatan memotret berbagai macam produk UMKM ini hanya dilakukan khusus setiap hari Jumat saja dengan harapan tidak mematikan kinerja teman-teman fotografer komersil yang lain.

Selain itu, komunitas Jumputan ini juga memberikan pelatihan fotografi kepada para pelaku UMKM pada umumnya.

Halaman
12
Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved