Breaking News:

Pemkab Magelang Salurkan Bantuan untuk Masyarakat yang Terimbas Pandemi Covid-19

Kegiatan ini dibuat untuk meringankan beban warga masyarakat akibat pandemi Covid-19, sekaligus sebagai upaya peningkatan kesejahteraan warga

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Penyerahan bantuan oleh Pemkab Magelang kepada masyarakat yang membutuhkan, pada Senin (19/04/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dalam rangka penanggulangan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mentasyarufkan dana kepada Mustahik, pada Senin (19/4/2021).

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengatakan perhatian dan kepedulian sosial kepada warga negara yang perlu mendapat bantuan menjadi kewajiban pemerintah dalam rangka melaksanakan amanat Undang–Undang Dasar 1945.

"Selain itu,  juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat yang ada, termasuk salah satunya adalah kepedulian dari BAZNAS Kabupaten Magelang," jelasnya disela kegiatan, pada Senin (19/04/2021).

Menurutnya, pentasyarufan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan sebuah bentuk tanggung jawab sosial atas komitmen dan kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang melalui BAZNAS

Kegiatan ini dibuat untuk meringankan beban warga masyarakat akibat pandemi Covid-19, sekaligus sebagai upaya peningkatan kesejahteraan warga masyarakat. 

Hal tersebut juga selaras dengan program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Magelang, di mana penanggulangan kemiskinan menjadi salah satu prioritas utama pembangunan daerah Kabupaten Magelang.

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga masyarakat yang telah menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS Kabupaten Magelang," ucapnya.

Adapun bantuan yang diserahkan antara lain, pentasyarufan alat komunikasi dan alat dapur umum untuk 5 posko erupsi Merapi sejumlah Rp50.000.000 juta.

Pentasyarufan 1033 sembako untuk masyarakat terdampak erupsi Merapi sejumlah Rp153.965.000, pentasyarufan bantuan pendidikan untuk 630 anak sejumlah Rp315.000.000.

Kemudian pentasyarufan santunan fakis miskin di bulan Ramadhan 1442 H untuk 2.200 orang sejumlah Rp440.000.000, pentasyarufan bantuan Masjid untuk 22 Masjid sejumlah Rp33.000.000 dan pentasyarufan untuk 6 lokasi rumah tidak layak huni Rp42.500.000.

Sementara, Plt Ketua BAZNAS Kabupaten Magelang, KH Kholid As'Adi, menjelaskan BAZNAS Kabupaten Magelang mentasyarufkan dana sebesar Rp1.034.000.000 dengan harapan bisa mengurangi kesenjangan sosial ataupun membantu fakir miskin, yatim piatu, dan juga anak-anak siswa berprestasi yang memang membutuhkan bantuan.

"Selain itu, bantuan ini juga diberikan kepada warga masyarakat Kabupaten Magelang yang sedang dirawat di rumah sakit, untuk biaya kesehatan, ataupun untuk modal usaha bagi para Mustahik. Ini kita laksanakan sesuai dengan program BAZNAS Kabupaten Magelang di antaranya Magelang Berdikari, Magelang Sehat, Magelang Beriman, dan program-program lainnya,"tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved