Breaking News:

Buah Bibir

Febda Risha Lestiana, Dalami Isu Kesehatan Seksual dan Reproduksi serta Hapus Ketabuan

Seksualitas masih menjadi isu yang tabu untuk dibicarakan. Imbasnya masyarakat menjadi minim pengetahuan, terutama terkait hak-hak kesehatan seksual

Istimewa
Febda Risha Lestiana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Seksualitas masih menjadi isu yang tabu untuk dibicarakan. Imbasnya masyarakat menjadi minim pengetahuan, terutama terkait hak-hak kesehatan seksual dan reproduksi (HKSR).

Bekerja di salah satu lembaga layanan kesehatan ramah remaja semakin membuka wawasan Febda Risha Lestiana mengenai HKSR.

Wanita yang akrab disapa Risha dalam kesehariannya ini pun memahami,  akses informasi mengenai HKSR sangat dibutuhkan masyarakat. Terutama bagi kalangan remaja yang baru menginjak masa pubertas.

Baca juga: Putri Sita Dewi Merindukan Momen Buka Bersama Teman-teman

"Isu HKSR di Indonesia kan masih suka dianggap tabu. Bahkan kalau kita bahas isu seksualitas malah suka dibelokkan jadi seolah-olah itu ajakan buat seks bebas atau seks beresiko. Itu tantangannya di sini," terangnya kepada Tribun Jogja, belum lama ini.

Menurut Risha, adanya stigma dan prasangka dapat menghalangi remaja untuk memperoleh informasi yang valid mengenai kesehatan reproduksi.

Sehingga layanan konsultasi ramah remaja menjadi sangat diperlukan. Di tempat itu, siapa saja dapat bisa bercerita tanpa takut dihakimi.

Berkaca dari pengalaman pribadinya, Risha mengakui hal tersebut.

"Selama aku jadi remaja, aku nggak banyak tahu tentang HKSR. Dulu kan belum ada media social sekencang sekarang, sedikit juga yang fokus bahas HKSR. Jadi bingung nyari informasi di mana yang valid," bebernya.

"Terus semenjak itu aku tertarik ngulik isu ini, sambil belajar juga sih soalnya pasti ada hal baru yang baru aku tau juga," tambahnya.

Adanya informasi dan edukasi mengenai HKSR, akan sangat membantu remaja agar mereka tidak melakukan hal-hal yang sifatnya merugikan diri.

Halaman
12
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved