Breaking News:

Legislatif Dorong Pembayaran THR Bagi Pekerja di Kota Yogyakarta Maksimal H-7 Lebaran

Kalangan legislatif mendorong seluruh perusahaan di Kota Yogyakarta bisa mencairkan tunjangan hari raya (THR) paling lambat tujuh hari sebelum lebaran

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kalangan legislatif mendorong seluruh perusahaan di Kota Yogyakarta bisa mencairkan tunjangan hari raya (THR) paling lambat tujuh hari sebelum lebaran.

Komitmen tersebut wajib disepakati, supaya nasib para perkerja, atau buruh, tidak terkatung-katung.

Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Muhammad Ali Fahmi menandaskan, di masa pandemi Covid-19 ini banyak persoalan yang muncul, terkait kemampuan perusahaan dalam pembayaran THR sesuai waktu yang ditentukan. Namun, Permenaker tetap harus jadi pedoman.

Baca juga: Sinopsis Sinetron Preman Pensiun 5 Tayang di RCTI Esok Hari : Nasib Bubun Jika Ketemu Darman ?

"Kami sangat berharap, perusahaan berkomitmen tepat waktu dalam membayarkan THR bagi pekerja. Yakni, paling lambat pada H-7 Idulfitri, sesuai Peraturan Pemerintah dan Permenaker," kata Ali Fahmi, Jumat (16/4/21).

Bukan tanpa alasan, ia menganggap, THR tersebut, sudah menjadi hak dan sangat dibutuhkan oleh para pekerja, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan dibagikan THR tepat waktu, diharapkan bisa semakin menggerakkan perekonomian warga, terutama di Kota Yogya.

Lebih lanjut, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut juga meminta Pemkot Yogyakarta, dalam hal ini Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transnigrasi (Dinsosnakertrans), agar mengaktifkan Posko THR, untuk melayani pengaduan dari pekerja, jikalau ada permasalahan penundaan.

Baca juga: Sinetron Ikatan Cinta Tayang di RCTI Malam Ini : Nasib Reyna Jika Nino Tahu, Reyna Adalah Anaknya ?

"Posko THR  juga dapat menjadi tempat untuk perusahaan mengajukan permohonan penundaan pembagian THR pada pekerjanya. Jadi, Posko THR ini bisa jadi tempat mediasi antara perusahaan dengan pekerja," ucapnya.

"Serta, jika terjadi sistem mencicil THR yang dikarenakan kesulitan finansial, wajib atas kesepakatan dengan pekerja. Diharapkan, pembayarannya selesai maksimal satu bulan setelah lebaran," pungkas Ali Fahmi. (aka)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved