Breaking News:

Kriminalitas

Ibu Dua Anak di Yogyakarta Gelapkan 2 Mobil Rental untuk Digadaikan

Motif pelaku diduga gali lubang tutup lubang. Pelaku merental mobil lalu digadaikan. Pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama di 2019.

TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda
Pelaku bersama barang bukti Honda Brio usia menggelar jumpa pers di Polsek Ngampilan, Jumat (16/4/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perempuan berinisial JK warga Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta nekat menggelapkan dua mobil rental untuk digadaikan.

Akibatnya, kini ibu dua anak ini harus mendekam di balik jeruji penjara untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Kapolsek Ngampilan, Kompol Hendro Wahyono mengatakan, kronologi penggelapan mobil tersebut bermula ketika JK menyewa sebuah mobil jenis Honda Brio dari korban bernama Ibnu Hidayat asal Kalimantan Tengah, yang membuka usaha rental mobil di Pleret, Kabupaten Bantul pada tanggal 5 Desember 2020.

JK menyewa mobil tersebut selama tiga bulan, dimulai dari Desember hingga Maret dengan uang sewa sebesar Rp900 ribu.

Baca juga: Kehabisan Uang, Warga Lampung Nekat Gadaikan Motor Rentalan di Yogyakarta

Mereka mengadakan pertemuan untuk transaksi sewa mobil di parkir Ngabean, Notoprajan, Kecamatan Ngampilan pada 5 Desember tahun lalu.

Setelah jatuh tempo penarikan mobil sewa oleh pemilik, selanjutnya pelaku meminta perpanjangan sewa mobil itu hingga tanggal 17 Maret via WhatsApp dan dipersilakan oleh korban dengan pembayaran via transfer.

Pada saat batas waktu sewa mobil yang kedua habis, pelaku kembali meminta perpanjangan sewa mobil itu untuk ke tiga kalinya hingga tanggal 21 Maret.

Karena uang perpanjangan kedua lancar diberikan oleh pelaku, korban pun tak menaruh curiga terhadap perempuan berusia 50 tahun tersebut.

"Barulah di perpanjangan sewa mobil ketiga ini pelaku sulit dihubungi, nomor HP tidak aktif. Lalu korban melapor ke kepolisian," katanya, saat jumpa pers di Polsek Ngampilan, Jumat (16/4/2021)

Pihak Kepolisian bergegas melacak keberadaan pelaku yang berupaya menggelapkan mobil rental tersebut.

Halaman
12
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved