Breaking News:

Hati-hati, Pura-pura Bahagia Justru Bikin Hidup Anda Kian Menderita

Berfokus hanya pada tingkat kebahagiaan dan mengabaikan emosi negatif dapat menjadi bumerang, dan malah membuat Anda merasa lebih buruk

https://unsplash.com/Courtney Cook
Ilustrasi tiga orang bahagia. 

Tribunjogja.com - Tiap orang pasti punya masalah masing-masing. Namun ada juga orang yang tak bisa menyelesaikan masalah dan jurtru berpura-pura baik-baik saja alias bahagia.

Tahukah Anda, jika kita pura-pura bahagia justru hidup kita lebih menderita.

Memang masuk akal untuk tidak memikirkan hal-hal yang membuat kita sedih, dan sebaliknya fokus pada semua kebaikan yang kita miliki dalam hidup kita.

Sukses, bahagia, beruntung, karier, cinta
Sukses, bahagia, beruntung, karier, cinta (PIXABAY)

Saat tidak mempunyai masalah, manusia akan lebih bahagia.

Kebahagiaan memang berbeda-beda pada setiap orang. Dengan kata lain tidak semua orang merasakan kebahagiaan dengan cara yang sama.

Namun, apa jadinya jika seseorang berpura-pura bahagia di balik segala masalah yang dia hadapi?

Menurut Susan David, psikolog di Harvard Medical School dan penulis buku Emotional Agility , berfokus hanya pada tingkat kebahagiaan dan mengabaikan emosi negatif dapat menjadi bumerang, dan malah membuat Anda merasa lebih buruk.

Baca juga: 10 Tips Mengendalikan Kemarahan, Bisa Membuat Hidup Lebih Tenang

Alih-alih untuk berpura-pura bahagia, lebih baik menggunakan strategi yang disebutnya "muncul" pada emosi Anda. Dengan mengakui bagaimana perasaan Anda yang sebenarnya.

Apa yang terjadi ketika kita terlalu fokus pada kebahagiaan adalah kita sebenarnya mengesampingkan informasi penting yang membantu kita belajar dan beradaptasi dalam hidup kita,” kata David seperti dilansir dari Stylish.

Jadi, lain kali Anda merasa frustrasi atau tidak bahagia, alih-alih menyembunyikan perasaan itu di balik senyuman palsu, cobalah mengenali alasan di balik emosi itu dan lakukan cara praktis untuk perubahan.

Strategi sederhana itu - alih-alih memalsukan suasana hati yang lebih baik, bisa menjadi trik yang benar-benar membuat Anda merasa lebih baik.(*)

Editor: Rina Eviana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved