Breaking News:

Yogyakarta

Dalam Sepekan, Terjadi 19 Gempa yang Terekam di BMKG Yogyakarta

Sejak 9 April hingga 15 April 2021, ada 19 kejadian gempa dengan rentan kekuatan magnitudo antara 1.6 hingga 6.6 magnitudo.

ist
Ilustrasi gempa bumi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam sepekan terakhir di PGR VII Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mencatat ada 19 kejadian gempa dengan rentan kekuatan magnitudo antara 1.6 hingga 6.6 magnitudo.

Kasi Observasi Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta, Budiarto mengatakan, pengamatan selama sepekan itu dilakukan sejak tanggal 9 April hingga 15 April 2021.

"Dari kondisi itu tanggal 10 April menjadi yang terbanyak terjadi gempa bumi, yakni ada sembilan kejadian," jelasnya, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Gempa Berkekuatan 6.1 SR Guncang Malang, Getaran Dirasakan Juga hingga Yogyakarta

Ia melanjutkan, pada periode pengamatan tersebut, telah disimpulkan oleh tim observasi adanya peningkatan aktivitas kegempaan di PGR VII Stasiun Geofisika Yogyakarta.

Budiarto menjelaskan, dari jumlah kegempaan yang terpantau, hampir seluruhnya terjadi di wilayah perairan Kabupaten Malang, namun sebagian terasi hingga ke wilayah Kabupaten Bantul, dan Gunungkidul.

"Dari pengamatan itu, terdapat tiga gempa bumi yang bisa dirasakan. Kami juga menyimpulkan adanya peningkatan aktivitas kegempaan," pungkasnya.( Tribunjogja.com )

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved