Breaking News:

Banyak Lembaga Kesejahteraan Sosial Tak Berizin, Sosiolog UGM: Masalah Sosial untuk Cari Untung

Jumlahnya mencapai 200 LKS yang tersebar di lima Kabupaten/Kota di DIY. Bahkan, beberapa LKS itu ada yang tak memiliki klien atau orang yang dirawat,

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satu persatu persoalan kesejahteraan sosial di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) muncul ke permukaan.

Terbaru, Dinas Sosial (Dinsos) DIY telah mendapati adanya Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) tak berizin namun tetap beroperasi.

Jumlahnya mencapai 200 LKS yang tersebar di lima Kabupaten/Kota di DIY. Bahkan, beberapa LKS itu ada yang tak memiliki klien atau orang yang dirawat, namun tetap menerima donasi dari masyarakat.

Fenomena tersebut turut mengundang keprihatinan Sosiolog Universitas Gajah Mada (UGM) Hempri Suyatna.

Baca juga: UAJY Gelar Vaksinasi Massal untuk 1.200 Orang, Tekan Penyebaran Covid-19 di Tingkat Kampus

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh sejumlah orang yang memanfaatkan lembaga sosial untuk mencari keuntungan pribadi tersebut termasuk tindakan kapitalisasi dari program-program sosial.

Hempri menjelaskan, tindakan itu muncul karena isu kemiskinan, ketimpangan, dan persoalan kesejahteraan sosial sangat mudah untuk dijadikan komoditi mencari keuntungan.

Sehingga segelintir orang tertarik untuk melakukan Komodifikasi atau transformasi orang bermasalah sosial menjadi objek dagang (komoditas).

"Bentuk komodifikasi lembaga sosial ini sudah lama. Masalah sosial dijadikan komoditi untuk mencari keuntungan," katanya, kepada Tribun Jogja, Jumat (16/4/2021).

Hempri menambahkan, era saat ini memang banyak sebagian orang memanfaatkan kemiskinan orang lain untuk mengeruk keuntungan.

Termasuk acara televisi entah itu reality show atau lainnya, yang memperlihatkan peran figur dermawan oleh salah satu artis lalu ada peran si miskin di dalamnya.

Halaman
12
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved