Breaking News:

Bantu Sesama, Kades Tumpukan Klaten Ajak Warganya Memanen Padi di Sawah Miliknya

Seorang kepala desa (Kades) di Kabupaten Klaten memiliki cara tersendiri dalam membantu masyarakat di desanya untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Kades Tumpukan, Suyamto berfoto dengan latar sawah miliknya yang selesai di panen warga, Jumat (16/4/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Seorang kepala desa (Kades) di Kabupaten Klaten memiliki cara tersendiri dalam membantu masyarakat di desanya untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah gempuran pandemi COVID-19.

Kades ini mengizinkan warganya untuk memanen tanaman padi miliknya. Ia mengaku ide tersebut muncul begitu saja dan murni untuk membantu warga.

Kepala desa itu bernama Suyamto yang saat ini tercatat sebagai Kepala Desa Tumpukan, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten.

Baca juga: MotoGP Portugal Hari Ini: Marc Marquez Langsung Melesat ke Posisi 3 di FP1

"Ini murni untuk membantu warga. Kita tahu, saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung dan masyarakat kesusahan. Mudahan dengan inisiatif itu bisa membantu," ujarnya saat berbincang dem/ngan Tribun Jogja di desa tersebut, Jumat (16/4/2021).

Ia mengatakan, secara keseluruhan dirinya memiliki 22 patok lahan persawahan di desa itu. Satu patok seluas 1.700 meter persegi dia persilahkan warga untuk memanennya.

Kegiatan itu sudah berlangsung sejak satu tahun terakhir.

"Totalnya sudah 5 kali warga memanen sawah saya ini dan mudah-mudahan berkah untuk warga serta terbantu di tengah pandemi COVID-19," ucapnya.

Pria berusia 63 tahun itu mengatakan, setiap musim panen warga yang memanen sawahnya digilir berdasarkan rukun warga (RW).

Adapun di desa itu terdapat 13 RW dan warga 12 RW sudah memanen tanaman padi miliknya.

"Sekali panen itu ada sekitar 60 warga yang ikut. Panennya saat pagi hari dan selesai siangnya," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved