Breaking News:

Pendidikan

Rektor UIN Yogyakarta Dorong Siaran Televisi di Indonesia Berbasis Riset

Rektor UIN Sunan Kalijaga menilai kondisi televisi dan media kita saat ini sedang jauh tertinggal dibanding beberapa negara lain.

istimewa
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Prof Dr Phil Al Makin (tengah), dalam Workshop Pra-Riset Indeks Kualitas Siaran Televisi, Selasa (13/4/2021), di Hotel Harper Yogya. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rektor Universitas Islam  Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Prof Dr Phil Al Makin, mendorong agar siaran televisi di Indonesia berbasis riset.

Makin menilai kondisi televisi dan media kita saat ini sedang jauh tertinggal dibanding beberapa negara lain.

“Kualitas siaran televisi saat ini perlu dipikirkan bersama. Dibanding BBC, Amerika, dan Australia, jujur saja siaran kita masih jauh tertinggal. Siaran di Indonesia penuh dengan sinetron dan drama. Siaran di Indonesa jauh dari kata ilmiah," ujar Prof Makin dalam sambutan Workshop Pra-Riset Indeks Kualitas Siaran Televisi, Selasa (13/4/2021), di Hotel Harper Yogya.

"Coba lihat kualitas program BBC, channel di Jepang dan Jerman, yang mereka lakukan tidak membuat drama dan sinetron. Yang mereka lakukan shooting belalang dan eksplor alam,” sambungnya.

Baca juga: Dapat Dosis Vaksin Terbatas 650 Orang, UIN Sunan Kalijaga Buat Prioritas Penerima Vaksin

Menurut Makin, program-program televisi di Indonesia semestinya bisa mengeksplorasi alam yang kaya di Indonesia.

Ia menilai tayangan di Indonesia kualitasnya pun masih jauh dibanding negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Ia berharap, kerja sama antara UIN Sunan Kalijaga dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat ke depan bisa melakukan riset yang lebih serius dan menghadirkan program yang lebih ilmiah.

Makin menginginkan agar kerja sama ke depan bisa jauh lebih produktif.

Komisioner KPI Pusat bidang kelembagaan lainnya, Hardly Stefano Pariela, menyampaikan terima kasihnya kepada UIN Sunan Kalijaga yang telah turut memfasilitasi pelaksanaan riset indeks siaran kualitas televisi.

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved