Breaking News:

Pendidikan

Sebanyak 316 Mahasiswa UNY Terpilih dalam Program Kampus Mengajar Angkatan I

Kegiatan Kampus Mengajar merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan memberi kesempatan belajar dan mengembangkan diri di luar kelas.

istimewa
Seorang mahasiswa saat menjalani Program Kampus Mengajar. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 316 mahasiswa UNY terpilih sebagai peserta Program Kampus Mengajar Angkatan I tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan ini telah berlangsung sejak 20 Maret hingga 25 Juni 2021 di sekolah dasar seluruh Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, dikutip dari laman Kemdikbud, mengajak para mahasiswa untuk beraksi, berkolaborasi, dan berkreasi selama 12 minggu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar terutama yang berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal sekaligus mengasah kepemimpinan, kematangan emosional, dan kepekaan sosial.

Kegiatan Kampus Mengajar merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan memberi kesempatan belajar dan mengembangkan diri di luar kelas kuliah.

Baca juga: Tandatangani Nota Kesepahaman, Bank Syariah Indonesia dan UNY Bangun Sinergi

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa menjadi pengajar dan mahasiswa yang terpilih akan ditempatkan di sekolah dasar yang membutuhkan.

Bagi mahasiswa yang mendaftarkan diri dan terpilih dalam program ini, nantinya akan mendapat beberapa fasilitas.

Di antaranya biaya hidup Rp700 ribu per bulan, uang kuliah tunggal (UKT) maksimal Rp2,4 juta, dan waktu yang dialokasikan diakui setara dengan 12 SKS. 

Salah satu mahasiswa UNY yang berkesempatan mengikuti program ini adalah Adinda Nan DI Cinto.

Mahasiswa Program Studi Fisika dari Fakultas MIPA ini ditempatkan di SDIT Ar Rahman Lareh Nan Panjang, Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Adinda menuturkan, motivasinya mengikuti program Kampus Mengajar ini adalah ingin mengabdi kepada pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah asal.

Baca juga: UNY Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Bagi 500 Dosen dan Tenaga Kependidikan

Karena sesuai dengan tujuan program ini, ialah agar mahasiswa dapat turut serta dalam menghadapi pandemi di sekolah tingkat SD.

“Kampus Mengajar adalah program yang tepat untuk mengasah potensi diri. Saya mengikuti program ini dengan harapan mempersingkat masa studi karena program ini dapat dikonversikan dengan KKN,” jelas Adinda.

Mahasiswa yang memeroleh beasiswa Bidikmisi tersebut memaparkan, selama ini program belajar mengajar di sekolah ini belum terlaksana dengan maksimal karena masih dalam suasana pandemi.

Oleh karena itu, Adinda dan satu orang mahasiswa peserta program Kampus Mengajar dari STKIP PGRI Sumatera Barat membantu pada program bidang administrasi dan adaptasi teknologi. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved