Breaking News:

Yogyakarta

Satpol PP DI Yogyakarta Belum Tindak Tegas LKS Tak Berizin, Ini Alasannya

Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menindak tegas para pemilik Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) karena beberapa alasan.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menindak tegas para pemilik Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) karena beberapa alasan.

Pertama, pihaknya belum diberikan akses data oleh Dinsos DIY mana saja LKS yang tak berizin namun tetap beroperasi di DIY.

Selain itu, para penegak perda itu menilai bahwa regulasi pengawasan LKS itu terlalu berbelit.

Kabid Penegakan Perundang-undangan Satpol PP DIY Nur Hidayat menegaskan, dalam hal penegakan suatu perda harus ditindak lanjuti dengan operasi yustisi.

Anehnya dalam Perda Nomor 11 Tahun 2015 tentang LKS itu menurutnya secara implisit tidak ada pasal yang mengarah pada tindak pidana bagi siapa pun yang menyalahgunakan LKS.

Baca juga: 200 Lembaga Kesejahteraan Sosial Tak Berizin di DIY Tetap Beroperasi, Beberapa Tak Punyai Klien

Namun demikian, seharusnya Satpol PP DIY dapat bergerak melakukan penegakan perda dengan dasar hukum Perda Nomor 2 Tahun 2017 yakni Perda Sapu Jagat, pasal 23 dan 54 Tentang Tertib Izin dan Sanksi Pidana.

"Di Perda 11 itu tidak dijelaskan secara implisit tindak pidana terhadap penyalahgunaan izin LKS. Tapi kan kami ada Perda 2/2017 tentang tertib izin dan sanksi pidana," paparnya.

Di Perda 2 Tahun 2017, dijelaskan Nur Hidayat itu mengatur terkait tertib izin mulai dari izin pariwisata, lembaga sosial, tempat usaha, dan hal-hal lainnya.

Dari dasar hukum tersebut, Satpol PP DIY berhak melalukan operasi yustisi terhadap LKS di DIY yang tidak berizin.

"Dan kalau itu sudah ada indikasi tidak ada izin, kami bisa langsung lakukan yustizi tidak perlu teguran atau apa. Apalagi menunggu Pergub, kelamaan lah Pemda DIY ada Perda Sapu Jagat," tegas Nur Hidayat.

Halaman
123
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved