Breaking News:

Yogyakarta

200 Lembaga Kesejahteraan Sosial Tak Berizin di DIY Tetap Beroperasi, Beberapa Tak Punyai Klien

Ada beberapa LKS di DIY yang sudah meminta sumbangan ke masyarakat akan tetapi setelah ditelusuri lembaga sosial tersebut tidak memiliki klien.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Banyaknya Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membuat pemerintah kuwalahan dalam melakukan pengawasan.

Akibatnya, banyak bermunculan LKS yang tidak memiliki izin dan celakanya, ada beberapa oknum yang memanfaatkan LKS yang didirikan untuk mencari keuntungan pribadi.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY Endang Patmintarsih mengatakan, meski peran LKS sebagai mitra pemerintah, namun dirinya turut menyesalkan adanya fenomena tersebut.

Ia mengakui saat ini banyak LKS telah beroperasi namun tidak memiliki izin pendirian.

Bahkan, pihaknya mendapati bahwa ada beberapa LKS di DIY yang sudah meminta sumbangan ke masyarakat akan tetapi setelah ditelusuri lembaga sosial tersebut tidak memiliki klien atau orang yang dirawat.

Baca juga: Dinsos DI Yogyakarta Inisiasi Pembentukan Forkom LKSLU bagi Pengungsi Merapi

"Padahal izin tanda daftar tidak ada sulitnya. Gunanya mendaftar itu kan supaya kami bisa memastikan bahwa LKs itu benar ada kliennya, alamatnya. Dan faktanya memang ada LKS yang tidak ada kliennya," kata Endang, Rabu (14/4/2021)

Endang menambahkan, LKS yang tidak memiliki izin ini lah yang rencananya ke depan akan ditertibkan oleh pemerintah DIY.

Pasalnya, keberadaannya cukup merugikan banyak pihak, meski tidak semuanya LKS yang tidak berizin melakukan tindakan yang menyimpang.

"Ini yang nantinya akan kami tertibkan bersama Satpol PP DIY," imbuhnya.

Ia menyebut, total LKS yang terpantau di DIY ada sebanyak 369, baik itu yayasan panti sosial, tuna wisma, disabilitas hingga lembaga sosial lainnya.

Halaman
123
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved