Breaking News:

Selama Bulan Puasa, PNS di DIY Pulang Satu Jam Lebih Awal, BKD Awasi Presensi 

Pengaturan jam kerja ini tetap memperhatikan pengendalian Covid-19 pada lingkungan instansi pemerintah.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengatur jam kerja bagi aparatur sipil negara (ASN) saat bulan Ramadan 1442 Hijriah.

Pengaturan jam kerja ini tetap memperhatikan pengendalian Covid-19 pada lingkungan instansi pemerintah.

Pengaturan jam kerja selama bulan Ramadan tercantum melalui SE Menteri PANRB No. 09/2021 tentang Penetapan Jam Kerja pada Bulan Ramadan 1442 Hijriah bagi Pegawai ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Sementara di pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Surat Edaran (SE) Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X juga telah diterbitkan.

Isinya hampir sama dengan SE dari Menpan RB tersebut, yakni terkait pengurangan jam kerja para ASN saat bulan ramadan.

Kapala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Amin Purwani, menjelaskan aturan tersebut mulai berlaku sejak hari ini, Selasa (13/4/2021).

Belum ada alasan yang jelas dalam pengurangan jam kerja para ASN saat bulan ramadan tersebut, namun dari SE yang diterbitkan itu memerintahkan agar para ASN fokus menjalani ibadah puasa dengan landasan iman.

SE bernomor 451/SE/7113/2021 tentang penetapan jam kerja pada bulan ramadan para ASN di lingkungan pemerintah DIY mengatur bagi instansi yang memberlakukan 6 hari kerja maka jam kerja dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 13.30 WIB untuk hari Senin sampai Kamis.

Sementara hari Jumat jam kerja dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB, sedangkan jam kerja para ASN di hari Sabtu dimulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB.

Bagi instansi yang memberlakukan jam kerja hanya 5 hari, lanjut Amin, hari Senin sampai dengan Kamis jam kerja dimulai sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Sementara untuk jam kerja hari Jumat dimulai sejak pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB.

"Para ASN di DIY aturan jam kerjanya kami pulang satu jam lebih awal saat bulan ramadan, itu menyesuaikan SE dari Menpan," katanya, kepada Tribun Jogja, Selasa (13/4/2021)

Terkait sanksi yang akan diberikan bagi ASN yang melanggar ketentuan yang berlaku, hanya berupa sanksi indisipliner seperti biasa.

"Hari ini sudah dimulai, dan semua tertib. Tidak ada yang telat atau ketiduran. Terus kami awasi," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved