Breaking News:

Yogyakarta

DPRD Minta Danais Pemda DI Yogyakarta Selesaikan Ketimpangan dan Kemiskinan

Kemiskinan dan ketimpangan pendapatan di DIY masih menjadi pekerjaan rumah (PR) utama yang harus diselesaikan antara pemerintah daerah.

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kemiskinan dan ketimpangan pendapatan di DIY masih menjadi pekerjaan rumah (PR) utama yang harus diselesaikan antara pemerintah daerah.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, di sela-sela menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pemerintah DIY di Kepatihan, Senin (12/4/2021)

Menurutnya, kemiskinan DIY 2020 sebesar 12.8 lebih tinggi dari rata rata nasional yaitu 10,19 persen. 

Gini rasio atau ketimpangan pendapatan juga masih tertinggi secara nasional yaitu sebesar 0.4516. 

"Dua isu ini merupakan bahasan utama dalam musrenbang DIY hari ini," katanya kepada Tribunjogja.com. 

Baca juga: Terdampak Pandemi Covid-19, Angka Kemiskinan di Kota Yogyakarta Naik 0,4 Persen

Dua indikator ini, lanjut Huda, akan sulit tercapai sebagaimana target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) karena tahun ini merupakan musrenbang terakhir sebelum berakhirnya RPJMD DIY 2022. 

Target RPJMD 2022 untuk kemiskinan sebesar 7.36 persen dan gini rasio sebesar 0.3635, menurut Huda sangat jauh dari kondisi saat ini.

Pasalnya, kemiskinan tertinggi di kabupaten Kulonprogo sebesar 16 persen lebih dan terendah di Kota Yogyakarta yakni sekitar 6,3 persen.

"Kondisi ini harus mendapatkan perhatian serius dari pengambil kebijakan tidak sekedar dijadikan jargon dan permasalahan tetapi tidak tercermin dalam alokasi anggaran maupun sinergi program," jelasnya.

Huda melanjutkan, pandemi COVID-19 adalah satu dari beberapa alasan utama sehingga indikator kemiskinan dan gini rasio memburuk dibandingkan tahun lalu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved