Breaking News:

Jawa

Antisipasi Cuaca Ekstrem BPBD Klaten Tingkatkan Kewaspadaan

BPBD Klaten menyiagakan posko untuk mengantisipasi cuaca ekstrem selama 24 jam.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Kepala BPBD Klaten, Sip Anwar saat ditemui di Rumah Dinas Bupati Klaten, Senin (12/4/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Cuaca ekstrem yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah untuk turut serta meningkatkan kewaspadaan.

Beragam persiapan dilakukan oleh BPBD Klaten mulai dari menyiagakan posko 24 jam di kantor BPBD Klaten hingga mengeluarkan surat himbauan ke setiap kecamatan dan desa dalam mengantisipasi cuaca ekstrem itu.

"Terkait cuaca ekstrem saya sudah membuat surat kepada para camat dan desa agar mensosialisasikan pada warganya untuk mengantisipasi cuaca ekstrem," ujar Kepala BPBD Klaten, Sip Anwar, saat dijumpai di rumah dinas Bupati Klaten, Senin (12/4/2021).

Selain itu, Sip Anwar juga meminta masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan perbukitan untuk selalu waspada ketika hujan deras melanda Klaten.

Baca juga: Kebakaran di Dukuh Bendo Kalikotes Klaten, Satu Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah

Kemudian, lanjutnya, untuk warga yang memiliki pohon-pohon besar yang berada di sekitar pekarangan rumah dihimbau untuk dirapikan secara rutin.

"Hal ini agar pohon-pohon itu tidak tumbang saat hujan disertai angin kencang melanda. Intinya tetap waspada," ucapnya.

Disinggung terkait dengan kesiapan posko, diakui Sip pihaknya juga telah menyiagakan posko untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di kantor BPBD Klaten selama 24 jam.

"Kalau posko kita ini ada. Malahan 24 jam selalu siaga. Cuaca ini kan kita tidak bisa prediksi ya jadi harus siaga terus," ulasnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved