Siap Berkolaborasi untuk Bangkit di Tengah Pandemi

Di tengah berbagai kesulitan dan disruption, Tribun Jogja, baik cetak maupun online, masih bisa bertahan (survive) bersama seluruh karyawannya.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
News Director Tribun Network, Febby Mahendra Putra 

Febby Mahendra Putra
News Director Tribun Network

MERAYAKAN hari kelahiran di tengah pandemi memang sesuatu banget. Namun bagi Tribun Jogja, hari kelahiran yang ke-10 ini merupakan sebuah momentum untuk menyampaikan rasa syukur serta terima kasih tak terhingga kepada Sang Pencipta, pembaca, pelanggan, pemasang iklan, dan mitra bisnis lainnya.

Mengapa hal itu sangat patut disyukuri? Yak karena di tengah berbagai kesulitan dan disruption, Tribun Jogja, baik cetak maupun online, masih bisa bertahan (survive) bersama seluruh karyawannya.

Pandemi Covid-19 yang dimulai pada Maret tahun lalu hingga saat ini masih berlangsung. Vaksinasi memang sudah dilakukan sejak 13 Januari 2021, dimulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun tidak serta merta vaksinasi tersebut memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan membuat perekonomian di negeri pulih kembali seperti sebelum pandemi. Menurut pandangan kami, untuk pulih secara utuh memerlukan waktu setidaknya hingga pertengah tahun 2022.

Oleh karena itu untuk ulang tahun kali ini Tribun Jogja mengusung tema ‘Berkolaborasi dan Bangkit di Tengah Pandemi’.

Apa maknanya? Tribun Jogja menyakini vaksinasi dan protokol kesehatan hingga kini diterapkan merupakan sebuah ikhtiar positif untuk menghadapi pandemi.

Namun ikhtiar itu tidak cukup untuk menghadapi dampak ekonomi terkait pandemi.
Tribun Jogja membuka diri dan siap menjalin kolaborasi lebih intens dengan semua pihak, baik pemerintah, perusahaan swasta, UMKM, dan stakeholders lainnya.

Apa wujud dari kolaborasi dimaksud? Sebagai perusahaan media massa, Tribun Jogja punya pengalaman panjang mengelola informasi yang dapat membantu pemerintah, pengusaha, termasuk UMKM untuk menggerakkan ekonomi rakyat.

Kolaborasi tersebut bisa dalam bentuk even, termasuk digital activity, dan penyebaran informasi yang mampu menggerakkan ekonomi melalui berbagai platform.

Tribun Jogja telah mampu menggelar even, terutama secara virtual, untuk mendorong para konsumen, terutama klas menengah atas, membeli lebih banyak produk-produk dalam negeri, terutama produk UMKM.

Tribun Jogja bersama holding company Tribun Network, telah menjalanin kerja sama dengan Kementerian Perdagangan, agar dapat menghubungkan para pengusaha dan pelaku UMKM, dengan Kedutaan Besar RI di negara asing untuk memasarkan produknya ke luar negeri.

Melalui forum Dialog Gerakan Nasional (Diginas): Target Ekspor Negara Sahabat, pada 6 April 2021, Tribun Jogja bersama Tribun Network secara virtual telah mempertemukan para Duta Besar RI di lima negara (China, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan Selandia Baru) dengan pelaku usaha, termasuk UMKM, agar mengetahui potensi pasar di negara-negara bersangkutan.

Di masa pagebluk seperti sekarang ini kolaborasi dengan semua pihak, termasuk kompetitor sekalipun, merupakan sebuah keniscayaan agar tetap bisa survive. Meski program vaksinasi tengah berlangsung dan penerapan protokol kesehatan masih dilakukan secara ketat, bukan berarti kita tidak bisa bangkit dari keterpurukan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved