Breaking News:

Kota Yogyakarta

Masuk 4 Besar Parpol di Kota Yogya, PKS Optimis Usung Kadernya di Pilkada 2024

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Yogyakarta menegaskan kesiapan, untuk mengusung kader terbaiknya di Pilkada serentak 2024 mendatang.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Yogyakarta menegaskan kesiapan, untuk mengusung kader terbaiknya di Pilkada serentak 2024 mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Yogyakarta menegaskan kesiapan, untuk mengusung kader terbaiknya di Pilkada serentak 2024 mendatang.

Terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi optimisme itu.

Ketua DPD PKS Kota Yogyakarta, Nasrul Khoiri mengatakan, torehan suara yang cukup bagus pada Pemilu terakhir, jelas menjadi pertimbangan.

Menurutnya, keberadaan PKS kini patut diperhitungkan sejumlah partai besar lainnya.

Baca juga: Sebut DIY Sangat Terdampak Pandemi, PKS Dorong Pemerintah Percepat Pemulihan Ekonomi

"Posisi PKS di kota sebagai pemenang Pemilu nomor empat, setelah PDIP, PAN dan Gerindra," cetusnya, di sela Rakerda DPD PKS Kota Yogyakarta, Minggu (11/4/2021) siang.

Sehingga, pihaknya pun mempunyai tanggung jawab moral untuk mempersiapkan kader terbaik, yang nantinya menjadi bagian di Pilkada 2024.

Terlebih, PKS belum pernah sukses mendudukkan kadernya, di singgasana eksekutif.

"Ikhtiar dan hasil adalah dua hal berbeda. Kami memang di kota belum pernah ada kader yang jadi Wali Kota, atau Wakil Wali Kota. Tapi, ikhtiar harus tetap kita lakukan, ya, meski hasilnya sekarang belum tercapai," tegas Nasrul.

Kemudian, digelarnya pelaksanaan Pilkada di tahun 2024 juga turut melatarbelakangi optimisme PKS.

Sebab, semua partai politik harus memulai perjuangannya dari nol, karena masa jabatan petahana akan berakhir di 2022 nanti.

Baca juga: Fraksi PKS DI Yogyakarta : UU Cipta Kerja Melemahkan Daya Tawar Buruh

"Ini bicara konstelasi. Dengan tak diperbaruinya UU Pemilu, dan tidak ada Pilkada di 2022, maka parpol semuanya akan berangkat dari nol. Ya, sebagai salah satu entitas politik di Kota Yogyakarta, seharusnya kita berani," katanya.

"Ini berbeda konteksnya dengan kemarin. Sudah ada calon incumbent yang kinerjanya di lapangan terlihat masyarakat, lalu elektabitasnya sudah teruji. Kalau untuk mengejar itu, kerja kerasnya harus lebih panjang " lanjut Nasrul.

Kursi Wali Kota pun dinilai cukup realistis bagi PKS, meski posisi Wakil Wali Kota juga bukan capaian buruk.

Saat ini, imbuhnya, PKS tengah menggodog dan mempersiapkan kader terbaiknya untuk terjun di kontestasi 2024.

"Sudah, kita proses di internal, tapi belum di-launching ke publik. Calon dari partai lain juga belum ada yang muncul. Baru PAN mungkin ya, karena faktor Pak Heroe (Poerwadi, Wakil Wali Kota Yogyakarta)," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved