Breaking News:

Upaya Bangkitkan Ekonomi, Pemkab Magelang Gelar Petihan Kewirausahaan bagi UMKM

Dalam upaya membangkitkan usaha kerakyatan di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil

Istimewa
Pemberian secara simbolis bantuan gerobak UMKM oleh pihak Indomaret ke para UMKM di Pemkab Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dalam upaya membangkitkan usaha kerakyatan di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah beserta Dinas Perdagangan dan Perindustrian bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama ( Indomaret), menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri.

Pelatihan tersebut, diikuti  para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas pelaku usaha.

Pelatihan dilaksanakan di Pendopo DRH Soepardi, ruang Bina Karya Setda Kabupaten Magelang.

Baca juga: Debut Bersama PSS Sleman, Saddam Emiruddin Gaffar Merasa Belum Maksimal

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto menyampaikan, pelatihan yang diikuti 75 pelaku UMKM itu merupakan wujud kepedulian bina lingkungan terhadap UMKM, serta mendukung program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

"Selama pandemi mengakibatkan sektor ekonomi menurun tajam, konsumsi terganggu, investasi terhambat, ekspor impor terkontraksi dan pertumbuhan ekonomi menurun. Sehingga, untuk menggeliatkan ekonomi, UMKM menjadi salah satu faktor yang harus didukung,” ujarnya kepada Tribun Jogja, pada Sabtu (10/04/2021).

Ia menambahkan, dengan berkolaborasi dengan PT Indomaret agar pemulihan ekonomi bisa cepat terjadi.

Apalagi, PT Indomaret melalui CSRnya banyak berkontribusi dengan melibatkan para UMKM.

"Kami sangat mengapresiasi keterlibatan PT Indomaret dalam mendukung ekonomi di Kabupaten Magelang. Sehingga, harapan kami kerja sama akan terus terjalin," ujarnya.

Dalam kesempatan itu diserahkan dua unit gerobak untuk peserta yang beruntung, serta alat bantuan produksi berupa sealer untuk seluruh peserta pelatihan.

Sementara itu, Muhamad Ismail selaku Branch Manager Indomaret mengatakan, kerja sama yang sudah berjalan dengan Pemkab Magelang  meliputi, mitra UMKM berjualan kuliner di depan toko indomaret, Mitra UMKM sebagai pemasok makanan ringan, jajanan tradisional, kerajinan Batik khas daerah, dan juga buah lokal.

Baca juga: Belum Ada Antivirus Covid-19, Terapi Penyembuhan Gunakan Drug Repurposing, Ini Kata Guru Besar UGM

"Tahun ini (2021), merupakan tahun ke delapan program kemitraan berjalan. Secara nasional kami mengangkat tema bertahan di tengah pandemi sesuai dengan situasi saat ini," tuturnya.

Dari pelatihan ini pihaknya menargetkan ada 100 pelatihan yang akan digelar dengan Pemkab Magelang.

Begitu pun dengan jumlah toko Indomaret di Kabupaten Magelang juga ditargetkan akan bertambah.

"Kami menargetkan akan ada sebanyak 100 pelatihan yang saat ini baru berjulah 14 pelatihan. Begitupun dengan toko ditargetkan juga akan bertambah dalam waktu dekat ini. Kami harap dengan kerja sama ini, dapat mendorong para pelaku UMKM di Kabupaten Magelang bisa cepat bangkit," pungkasnya. (ndg)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved