Breaking News:

Jawa

Ibadah Tarawih Diperbolehkan, Kemenag Kota Magelang Minta Pengurus Masjid Pastikan Kesehatan Jemaah

Pengurus masjid menjadi orang terdekat yang mengenal jemaahnya sehingga pemantauan kondisi kesehatan lebih mudah dilakukan.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
ist
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah mengizinkan masyarakat menggelar ibadah jemaah saat Ramadan.

Terkait hal tersebut, Kementerian Agama  (Kemenag) Kota Magelang meminta para pengurus atau takmir masjid harus memastikan jemaah yang akan melaksanakan ibadah tarawih dalam kondisi sehat tidak sedang dalam keadaan sakit.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, Abdurrosyid mengatakan, pengurus masjid menjadi orang terdekat yang mengenal jemaahnya sehingga pemantauan kondisi kesehatan lebih mudah dilakukan.

"Selain, melengkapi fasilitas penunjang prokes di masjid. Para pengurus pun harus bisa memperhatikan keadaan jemaahnya saat akan melakukan ibadah. Jadi, kalau sudah ada indikasi jemaah sedang sakit atau hal lainnya diimbau untuk melaksanakan ibadah dari rumah," ujarnya pada Tribunjogja.com, pada Sabtu (10/04/2021). 

Baca juga: Pemkab Magelang Minta Kegiatan Ibadah Idulfitri Sejalan dengan Protokol Kesehatan

Tak hanya itu, lanjutnya,  pihaknya menyanrakan bagi kelompok rentan tertular COVID-19 untuk menjalankan ibadah dari rumah.

Untuk mengurangi risiko paparan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

"Kelompok rentan seperti lansia, lebih baik mengerjakan ibadah ramadan dari rumah saja," tuturnya.

Sementara itu, pelaksanaan ibadah ramadan juga akan dilakukan pembatasan jumlah jemaah untuk menghindari terjadinya desakan.

Di mana, jumlah yang diperbolehkan hanya 50 persen dari total kapasitas keseluruhan.

"Pembatasan jemaah tetap dilakukan guna menjaga physical distancing. Tak hanya tarawih , kegiatan ibadah lainnya seperti tadarus juga dibatasi," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved