Breaking News:

Siapkan Sedekah Terbaik di Hari Jumat, Setiap Kebaikan akan Dilipatgandakan Pahalanya

iapkan sedekah terbaikmu di hari Jumat karena kebaikan yang dilakukan di hari ini akan diganjar pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

IST/ColourBox
Ilustrasi Sedekah 

TRIBUNJOGJA.COM - Siapkan sedekah terbaikmu di hari Jumat karena kebaikan yang dilakukan di hari ini akan diganjar pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Ini karena pahala amal baik di hari Jumat dilipatgandakan. Sebagaimana hadist nabi:

"Amal-amal kebaikan itu akan berlipat ganda (pahalanya) pada hari Jumat," (HR. At Thabrani) melansir buku Panduan Amalan Hari Jumat, Mahmudin, Mutiara Media, 2008.

Amal kebaikan itu dipahami berupa ucapan, dzikir, atau perbuatan anggota badan, seperti halnya sedekah. Berikut dalil keutamaan sedekah hari Jumat selengkapnya:

Baca juga: Hari Jumat Terakhir di Bulan Syaban, Jangan Lewatkan Sholat Dhuha, Ini Tata Cara dan Doanya

Rasulullah bersabda, diriwayatkan dari Ka'ab ra, "Pahala shadaqah berlipat ganda pada hari Jumat" (HR. Ibnu Abi Syaibah)

Ibnul Qayyim berkata, "Sedekah di hari Jumat dibandingkan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya. Saya telah menyaksikan Syikhul Islam Ibnu Taimiyah jika keluar menuju Jumat, beliau bawa apa yang ada di rumahnya lalu beliau sedekahkan dalam perjalanannua menuju masjid secara sembunyi-sembunyi. Dan aku mendengarnya berkata,'Jika Allah memerintahkan kita sedekah di sisi Rasul SAW, maka bersedekah di hadapan Allah itu tentu lebih utama dan lebih layak dengan keutamaan'."

Sedekah Menyembuhkan Sakit

ilustrasi obat
ilustrasi obat (parade.com)

Selain mendapatkan keutamaan dari Allah SWT, sedekah adalah obat dan bisa menyembuhkan sakit.

Sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah dalam hadist berikut:

Bersihkanlah hartamu dengan zakat, obatilah sakitmu dengan sedekah, dan tolaklah olehmu bencana dengan doa (Hadist Riwayat Ibnu Mas'ud) melansir buku 10 Dzikir Pilihan, Ust. M Arifin Ilham dan Ust. Yudi Effendy, Qultum Media, 2012.

Halaman
1234
Editor: Kurniatul Hidayah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved