Breaking News:

Yogyakarta

Komisi C DPRD DIY : Pemohon Izin Papan Reklame Wajib Cantumkan Batas Usia Konstruksi

Dalam mengajukan izin pendirian bangunan papan reklame, pemohon izin wajib mencantumkan umur dari konstruksi reklame tersebut.

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda
Papan reklame di sepanjang Jalan Colombo hingga Gejayan, Sleman terlihat padat, Jumat (9/4/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ketua Komisi C DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Arif Setiadi menanggapi adanya reklame tak berizin yang rawan tumbang di sejumlah titik jalan di DIY.

Menurutnya, dalam mengajukan izin pendirian bangunan papan reklame, pemohon izin wajib mencantumkan umur dari konstruksi reklame tersebut.

Hal itu supaya monitoring dari penegak hukum lebih dimudahkan.

Apabila perhitungan usia sudah melebihi batas yang ditentukan, pemerintah DIY wajib menertibkan dengan cara meruntuhkan konstruksi bangunan reklame.

"Kalau tidak seperti itu kasihan masyarakat pas melintas saat hujan deras tertimpa papan reklame. Banyak juga kemarin yang tumbang. Harusnya ada uji kelayakan, utamanya segi usia reklame ya," katanya, kepada Tribunjogja.com, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Ribuan Reklame Tak Berizin dan Rawan Tumbang Siap-siap Ditertibkan Satpol PP DI Yogyakarta

Masih kata Arif, tahun ini penegak hukum harus melakukan supervisi terhadap keberadaan papan reklame yang tak berizin dan rawan tumbang.

Bila perlu, lanjut Arif, harus dilakukan moratorium papan reklame, karena kondisi sekarang ini baik itu di jalan provinsi, maupun kabupaten dipenuhi papan reklame yang tidak diketahui izinnya.

"Kalau tidak dilakukan pengawasan, tentu sangat merugikan. Karena itu kan ada pajaknya," kata Arif.

Arif melanjutkan, pertimbangan kelayakan bangunan reklame yang ramah lingkungan menjadi sebuah keharusan yang perlu dicermati oleh penegak perda di pemerintahan DIY.

"Sisi kelayakan harus yang utama," pungkasnya.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved