Breaking News:

Jelang Bulan Ramadan Harga Telur Ayam Naik, Ketersediaan Bahan Pokok di Kota Yogyakarta Aman

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menandaskan, salah satu komoditas yang harganya mulai naik ialah telur ayam.

freepik
Ilustrasi Telur Ayam 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kisaran satu pekan jelang Bulan Ramadan, stok kebutuhan pokok di Kota Yogyakarta dipastikan aman.

Namun, terdapat beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, lantaran lonjakan permintaan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menandaskan, salah satu komoditas yang harganya mulai naik ialah telur ayam.

Baca juga: Bupati Bantul Tak Larang Tradisi Padusan Jelang Bulan Ramadan Asalkan Wajib Taat Protokol Kesehatan

Hanya saja, ia menyampaikan, kenaikan yang muncul saat ini masih terkendali.

"Tapi, secara komperhensif, sisi positifnya, itu memberikan keuntungan bagi peternak. Saya juga sudah konfirmasi ke Dinas Pertanian Ketahanan Pangan di Kota Yogyakarta cenderung aman kok," ujarnya, Jumat (9/4/2021).

Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Perdagangan, harga telur ayam di sejumlah pasar tradisional pada akhir minggu lalu masih di kisaran Rp 19 ribu, hingga Rp 20 ribu.

Tapi, per Kamis (8/4/2021), harganya melonjak Rp 25 ribu.

"Peningkatan harga telur jelang Ramadan ini karena ada perubahan perilaku konsumsi masyarakat, dari daging dan ayam, beralih ke telur saat puasa. Pengolahannya gampang, kemudian gizinya mudah terserap," terangnya.

Kepala Bidang Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Riswanti menjelaskan, kenaikan harga telur ayam merupakan hal lumrah setiap jelang Ramadan, serta Idulfitri.

"Setiap tahun begitu. Tetapi, yang terpenting, ketersediaan cukup dan dari sisi keterjangkauan harga, tidak ada lonjakan yang meresahkan masyarakat, ya," tandasnya.

"Sehingga, tidak sampai terjadi panic buying. Kalau kita melihat sekarang, harga telur ayam di kisaran Rp 25 ribu itu masyarakat masih bisa lah," tambah Riswanti.

Baca juga: Antisipasi Pancaroba, Petani Gunungkidul Diminta Waspada Kegagalan Panen

Oleh sebab itu, ia mengimbau pada seluruh warga, supaya tetap tenang dan tak gegabah dalam berbelanja kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan yang tiba Senin (12/4/21) mendatang. Sebab, ketersediaan pasar aman.

"Meskipun PPKM, arus barang masuk ke Yogya kan tidak ada pembatasan. Jadi, tidak ada masalah untuk suplainya. Dari Bulog juga menyatakan, pasokan beras, gula, minyak dan telur, itu masih mencukupi," pungkasnya. (aka)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved