Breaking News:

Yogyakarta

Masih Ada Perusahaan di DIY Belum Lunasi THR Tahun Lalu, Disnakertrans DIY Nantikan Aturan Baru

Desakan agar pemberian THR bagi karyawan swasta dapat dibayar secara penuh muncul dari DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DIY.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih menanti surat perintah dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) terkait mekanisme pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan swasta tahun ini.

Desakan agar pemberian THR bagi karyawan swasta dapat dibayar secara penuh muncul dari DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DIY.

Kepala Disnakertrans DIY Aria Nugrahadi menyampaikan, sampai detik ini dirinya belum menerima SK terkait mekanisme pembayaran THR untuk tahun ini dari Kemenaker.

Sehingga pihaknya belum membahas dengan kalangan pengusaha maupun dari perwakilan serikat terkait rencana pemberian THR di tahun ini.

Baca juga: Tak Boleh Dicicil dan Dipotong, Pemerintah Wajibkan Perusahaan Bayar Penuh THR Karyawan

"Belum menerima SK dari Menaker. Jadi kami belum membahas untuk THR tahun ini," jelasnya, kepada Tribunjogja.com , Kamis (8/4/2021)

Aria mengatakan, meski belum ada arahan terkait mekanisme pembayaran THR 2021, pihaknya berharap baik dari kalangan pengusaha maupun dari perwakilan pekerja bisa memahmi kondisi saat ini.

"Ya tentunya nanti akan kami rapatkan. Tapi saat ini belum ada arahan. Nanti kami informasikan," katanya.

Senada dengan Aria Nugrahadi,  Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Ketenagakerjaan Disnakertans DIY Ariyanto Wobowo mengatakan, dirinya belum menerima arahan dari pemerintah pusat terkait pembayaran THR 2021.

Namun, menurutnya hal-hal semacam ini diperlukan keterbukaan antara dua belah pihak yakni antara perusahaan dan pekerja.

"Memang butuh keterbukaan. Perusahaan harus memberikan informasi sejauh mana dampak pandemi ini. Jadi yang utama itu ya pembahasan bipartit," kata Bowo.

Halaman
123
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved