Breaking News:

Inilah Lokasi Internet 5G di Indonesia Jika Infrastrukturnya Sudah Memadai

jadi kapan internet 5G bisa dinikmati di Indonesia? Lokasinya di mana saja dan tarifnya berapa

istimewa
Ilustrasi BTS 

Tribunjogja.com -- Jadi kapan internet 5G bisa dinikmati di Indonesia? Lokasinya di mana saja dan tarifnya berapa?

Pertanyaan seperti itu terus saja muncul dalam berbagai kesempatan, meski hingga saat ini banyak pihak terlihat belum siap menggelarnya.

Hal itu menunjukkan tingginya antusiasme dan perhatian masyarakat dalam menyambut internet 5G yang beritanya sudah mulai muncul sejak 2 tahun lalu itu.

Namun perlahan tapi pasti, semua pihak terkait memang sedang menyiapkan kehadiran internet 5G di Indonesia lewat bagiannya masing-masing.

Vendor smartphone sudah mulai mengenalkan seri smartphone 5G mereka satu persatu. Ada yang jaringan 5G nya masih dikunci, ada yang sudah dibuka dan siap dipakai menikmati internet 5G.

Sejak dua tahun lalu, semua operator di Indonesia juga sudah mengujicoba jaringan 5G ini dan menunjukkan contoh penerapannya seperti apa.

Tak sekedar internet cepat, jaringan 5G memungkinkan transformasi digital yang lebih luas dan benar-benar baru. Misalnya telemedicine atau operasi jarak jauh, mobil otonom, pabrik tanpa manusia, hingga hologram 3D dari jarak jauh.

Bahkan baru-baru ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah mulai membocorkan 13 wilayah pertama di Indonesia yang bakal dapat menikmati jaringan 5G.

Aturan itu muncul dalam Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo.

Isi Permen No 2/2021 itu salah satunya adalah bersamaan dengan upaya meningkatkan cakupan layanan 4G ke seluruh desa, Kominfo ternyata sambil menyiapkan penerapan internet 5G di Indonesia.

Halaman
123
Editor: Iwan Al Khasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved