Breaking News:

Kota Yogya

Tingkatkan Pemahaman Takmir Masjid, KUA Gondomanan Gelar Sarasehan

KUA Gondomanan melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kemantren Gondomanan menggelar Sarasehan Takmir Masjid

Penulis: Maruti Asmaul Husna | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
KUA Gondomanan melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kemantren Gondomanan menggelar Sarasehan Takmir Masjid, Selasa (6/4/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KUA Gondomanan melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kemantren Gondomanan menggelar Sarasehan Takmir Masjid, Selasa (6/4/2021).

Kegiatan yang diikuti 60 orang ini terdiri atas 22 orang perwakilan pengurus/takmir masjid dan musala, Penyuluh Agama Islam (PAI) KUA Gondomanan Kota Yogyakarta, dan perwakilan Forum Komunikasi Remaja Masjid Gondomanan (FKRMG).

Acara ini dihelat di Pendopo Kantor Kemantren Gondomanan Kota Yogyakarta.

“Kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi juga untuk menambah ilmu pengetahuan,” ungkap Fatoni Siroj, Ketua DMI Kota Yogyakarta.

Dengan kegiatan ini, imbuhnya, diharapkan pengurus/takmir masjid dapat memberikan pemahaman dan peningkatan kesadaran masyarakat agar lebih mencintai masjid.

Baca juga: Dewan Masjid DIY Anjurkan Salat Tarawih Digelar Dua Shift

Baca juga: RT dan RW Zona Merah di Kabupaten Sleman Dilarang Gelar Salat Tarawih Berjamaah di Masjid

“Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan selalu mematuhi 5M, sehingga menjadikan masyarakat lebih giat lagi melangkah ke masjid,” sambungnya.

Sementara, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Yogyakarta, H Maskur Ashari, menyampaikan perlunya Pemberdayaan Fungsi dan Manajemen Masjid.

“Peran dan fungsi masjid dalam kehidupan masyarakat diharapkan mampu memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat dan jemaah,” tuturnya.

Ia mengingatkan, masjid tidak hanya sebagai tempat menunaikan ibadah salat, akan tetapi harus bisa menjadi tempat menuntut ilmu, sebagai tempat pembinaan jemaah, menjadi pusat kebudayaan Islam, sebagai kaderisasi, dan basis kebangkitan umat.

Sedangkan, Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan, Subarjilan, berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman pengurus/takmir masjid dan musala terkait kemasjidan, sehingga dapat lebih mendukung program-program DMI Kemantren Gondomanan. (Tribunjogja/Maruti Asmaul Husna)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved