Breaking News:

Kanwil Kemenag DIY Prihatin Adanya Rentetan Penggeledahan Sejumlah Rumah dan Ponpes Oleh Densus 88

Pihak Kemenag tak kurang-kurang memberikan edukasi dan pendampingan terhadap seluruh ponpes yang ada di DIY.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA/MIFTAHUL HUDA
Suasana jalan di depan rumah yang digeledah oleh Densus 88 di Jalan Suryadiningratan, Kampung Kumendaman, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Minggu (4/4/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) prihatin atas rentetan penggeledahan beberapa rumah yang dilakukan oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri, sejak Jumat (2/4/2021) hingga Minggu (4/4/2021) petang kemarin.

Kepala Kanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan, mengatakan keprihatinannya itu kian mendalam lantaran informasi yang ia dapat, Densus 88 Mabes Polri juga menggeledah salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) di Desa Sendangtirti, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman pada Jumat lalu.

"Meski indikasinya dugaan, tapi kan kalau Densus 88 itu identik dengan terorisme. Ya kami prihatin karena adanya rentetan penggeledahan ini, salah satunya Ponpes di Sleman," katanya, kepada Tribun Jogja, Senin (5/4/2021).

Ia menambahkan, pihak Kemenag tak kurang-kurang memberikan edukasi dan pendampingan terhadap seluruh ponpes yang ada di DIY.

Baca juga: Sederet Fakta Densus 88 Geledah Rumah di Mantrijeron Yogyakarta, Barang Bukti hingga Kesaksian Warga

Baca juga: UPDATE Kronologi dan Fakta Penggeledahan oleh Densus 88 di Mantrijeron

Termasuk para kyai dan pimpinan ponpes juga turut mendapatkan bimbingan serta arahan dari Kemenag.

Dirinya memastikan sekitar 360 ponpes yang tersebar di DIY telah terdaftar di Kemenag DIY.

"Kami juga sudah meminta kajian apa saja yang diajarkan di ponpes itu. Ya yang terpenting itu kan. Kalau semuanya sudah terdata di kami," jelas Edhi.

Dirinya meminta agar tokoh agama serta pengasuh ponpes yang ada di DIY supaya lebih teliti lagi dalam memberikan kajian bagi para santri maupun kepada masyarakat.

Diberitakan Tribunjogja.com, sejak Jumat kemarin, tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri telah menggeledah sejumlah rumah di wilayah DIY yakni Kabupaten Bantul, Sleman dan terbaru di Jalan Suryadiningratan, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

Rumah yang digeledah oleh Densus 88 di Jalan Suryadiningratan, Kampung Kumendaman, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Minggu (4/4/2021).
Rumah yang digeledah oleh Densus 88 di Jalan Suryadiningratan, Kampung Kumendaman, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Minggu (4/4/2021). (TRIBUN JOGJA/MIFTAHUL HUDA)

Satu rumah kontrakan yang digunakan sebagai kantor Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) telah disambangi tim Densus 88 Mabes Polri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved