Breaking News:

Yogyakarta

Dua Dekade Fotkom 401, Gelar Pameran Fotografi 'Melampaui'

FOTKOM 401 mengajak penggemar fotografi menyaksikan manusia-manusia yang mulai melampaui batas-batas kewajaran dalam interpretasi yang lebih luas.

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Pameran fotografi bertema 'Melampaui' di Bale Banjar Sangkring Art Space. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) FOTKOM 401 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta mengadakan Pameran bertema 'Melampaui' di Bale Banjar Sangkring Art Space.

Pameran yang merupakan puncak acara dua dekade FOTKOM 401 bersama dengan alumni, pengurus dan anggota aktif dan akan berlangsung dari Jumat (2/4/2021) hingga Minggu (4/4/2021).

Melalui pameran hut ini pasukan berbendera roll film tersebut mencoba tetap berkarya dengan judul 'Melampaui'.

Merespon Pandemi COVID-19  FOTKOM 401 mengajak para penggemar fotografi untuk menyaksikan manusia-manusia yang mulai melampaui batas-batas kewajaran dalam interpretasi yang lebih luas. 

Baca juga: Berawal dari Hobi, Dua Mahasiswi UGM Rintis Bisnis Fotografi

Ketua Pameran Melampaui, Alpha Sapa Matahari mengungkapkan dengan tajuk Melampaui ini diinterpretasikan oleh para anggota aktif FOTKOM 401 dan para alumni secara berbeda-beda.

"Melampaui ini bisa diartikan apa saja, seperti melampaui pencapaian-pencapaian secara individu. Keresahan orang-orang yang melampaui kondisinya," kata Alpha, Sabtu (3/4/2021).

Kurator pameran Nico Kurnia Jati mencontohkan, karya seorang pameris, Ijal, menunjukan batas kemampuan para pasukan laba-laba yang membersihkan dinding-dinding kaca bangunan bertingkat NYIA dengan segala risikonya.

Namun hal tersebut tetap dilaksanakan walaupun upah yang tidak sesuai dengan tingkat risikonya,  

Adapula karya dari Pradita, menginterpretasikan limbah plastik ibukota dikemas kembali sebagai karya foto yang menunjukan metafora ketika penduduk Ibu Kota sudah tidak bisa jauh lagi dari sampah plastic.

Kesemuanya merupakan respon-respon indra manusia untuk dituangkan dalam kalibrasi dwi matra sebagai karya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved