Breaking News:

Yogyakarta

Kemenag DI Yogyakarta Tunggu Arahan Pelaksanaan Ibadah Puasa di Tahun Kedua Pandemi

Kanwil Kemenag DIY memperkirakan aturan pelaksanaan ibadah saat bulan Ramadan di tengah pandemi COVID-19 saat ini, sama seperti halnya tahun lalu.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Kepala Kanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum menerima salinan surat berisi arahan untuk kegiatan selama bulan Ramadan yang diperkirakan jatuh pada 12 April 2021.

Meski demikian, Kanwil Kemenag DIY memperkirakan aturan pelaksanaan ibadah saat bulan Ramadan di tengah pandemi COVID-19 saat ini, sama seperti halnya tahun lalu.

Kepala Kanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan mengatakan, untuk pelaksanaan salat tarawih di bulan Ramadan akan mendapat perhatian khusus terutama dengan penerapan protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat.

Edhi menjelaskan, masyarakat saat ini kembali dihadapkan dengan pandemi COVID-19 ketika menjalani rangkaian ibadah puasa.

Oleh karenanya, dimungkinkan jika masyrakat sudah tidak begitu panik ketika menjalankan salat tarawih atau bentuk ibadah yang lain.

Baca juga: Kemenag DIY Upayakan Kiai dan Tokoh Agama Segera Mendapat Vaksin COVID-19

"Surat arahannya belum kami terima. Ya ini tahun kedua umat muslim menjalani puasa di tengah pandemi. Harapannya kepanikannya tidak seperti tahun lalu. Kalau dulu kan orang belum tahu apa itu Covid-19," katanya, kepada Tribunjogja.com, Jumat (2/4/2021).

Ia berharap, dalam proses pelaksanaan ibadah puasa tahun ini, masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi prokes yang sudah dianjurkan meski sebagian dari mereka telah mendapat vaksinasi.

Edhi meminta agar masjid-masjid maupun surau disetiap wilayah wajib menyediakan fasilitas kesehatan, serta tetap mematuhi jaga jarak.

"Tetap prokes dan jarak antar jemaah harus diatur seperti tahun sebelumnya, karena pandemi ini belum berakhir," tegasnya. 

Dalam waktu dekat, Kemenag DIY akan mengumumkan tata cara beribadah saat memasuki bulan puasa di tengah pandemi COVID-19.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved