Breaking News:

Berita Kesehatan

Porsi Asupan Buah dan Sayuran Ini Ampuh Cegah Kematian Dini Akibat Penyakit Kronis

Para peneliti menemukan fakta bahwa lima porsi buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap hari, diyakini ampuh untuk mengurangi risiko kematian dini

medicalnewstoday.com
Sayuran 

TRIBUNJOGJA.COM - Para peneliti menemukan fakta bahwa lima porsi buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap hari, diyakini ampuh untuk mengurangi risiko kematian dini akibat penyakit kronis.

Temuan itu merupakan hasil dari sebuah studi yang melibatkan hampir dua juta orang. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara makan dua porsi buah dan tiga porsi sayuran setiap hari dengan pola pengurangan risiko kematian dini.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan lima porsi buah dan sayur sehari memiliki risiko kematian 13% lebih rendah dari semua penyebab, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Baca juga: Makanan Berserat Ampuh Turunkan Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

Lima porsi juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 12%, termasuk penyakit jantung dan stroke, serta penurunan risiko kematian akibat kanker sebesar 10% .

Risiko kematian akibat penyakit pernapasan 35% lebih rendah, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) juga dicatat selama uji coba.

Telah didokumentasikan dengan baik bahwa makan makanan sehat yang kaya buah dan sayuran membantu mengurangi risiko berkembangnya banyak kondisi kesehatan kronis yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, kanker, atau bahkan kematian.

Baca juga: Berapa Persen Peluang Anda Terkena Diabetes Akibat Faktor Keturunan?

Meskipun demikian, hanya sekitar satu dari 10 orang dewasa yang mengonsumsi cukup buah atau sayuran, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Penulis utama penelitian itu, Dr Dong Wang, seorang ahli epidemiologi, ahli gizi dan anggota fakultas kedokteran di Harvard Medical School dan Brigham and Women's Hospital di Boston, mengatakan bahwa American Heart Association merekomendasikan empat hingga lima porsi masing-masing buah dan sayuran setiap hari.

"Masyarakat cenderung mendapatkan pesan yang tidak konsisten tentang apa yang menentukan asupan buah dan sayuran harian yang optimal seperti jumlah yang disarankan, dan makanan mana yang harus disertakan dan dihindari,” katanya.

Baca juga: Resep Jurus Sehat Rasulullah dari dr Zaidul Akbar: Minuman Bekatul Kaya Serat

Untuk membuktikan teori ini, Dr Wang memimpin tim peneliti yang menganalisis data dari Nurses 'Health Study dan Health Professionals Follow-Up Study, serta 26 makalah penelitian yang telah dilakukan di 29 negara.

Semua informasi menyimpan data tentang informasi pola makan partisipan dan para peneliti melihat pola antara konsumsi tinggi sayuran dan buah-buahan dan kesehatan.

"Analisis kami dalam dua kelompok pria dan wanita AS menghasilkan hasil yang serupa dengan 26 kelompok di seluruh dunia, yang mendukung temuan kami dan menyarankan bahwa temuan ini dapat diterapkan pada populasi yang lebih luas," ungkapnya.

Dia menyarankan orang untuk mengonsumsi lima porsi sehari adalah "asupan yang relatif dapat dicapai oleh masyarakat umum".

Penemuan ini telah dipublikasikan di jurnal unggulan American Heart Association, Circulation. (*)

Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved