Breaking News:

Yogyakarta

Setelah Tertunda Karena Pandemi, Kelok 18 Kretek-Girijati Tinggal Menanti Desain dari Pusat

Proyek pembangunan kelok 18 di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) DIY kini telah sampai di titik penghubung Kretek-Girijati.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setelah tertunda selama satu tahun karena pandemi COVID-19, proyek pembangunan kelok 18 di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini telah sampai di titik penghubung Kretek-Girijati.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.3 Satker PJN Kementerian PUPR Wahyu menyampaikan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil desain yang diajukan untuk jalur tersebut kepada pemerintah pusat.

Ia menjelaskan, setelah desain tersebut disetujui oleh Kementerian PUPR dan sesuai dengan estimasi anggaran, maka tahap selanjutnya dimungkinkan akan naik lelang untuk proses pembangunan.

"Sekarang masih menunggu desainnya. Masih dikoreksi di pusat. Ya kami ?mencari seekonomis mungkin tentunya," kata Wahyu, kepada Tribunjogja.com, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: JJLS di Gunungkidul Ditargetkan Tersambung Utuh di 2024

Ia menambahkan, panjang untuk jalur itu sekitar 5,8 Kilometer, dengan target pengerjaan selesai 2022 mendatang.

Selain pembangunan jalan kelok 18, pembangunan jembatan kretek 2 yang berada di Depok, Parangtritis sepanjang 1,7 kilometer juga akan dilaksanakan tahun ini.

Untuk wilayah Bantul tahun ini disiapkan dua proyek pembangunan jembatan Kretek 2 dengan total anggaran Rp390 miliar dan pembangunan Jalan Kretek Bantul-Girijati Gunungkidul (JJLS) senilai Rp290 miliar.

Wahyu berharap, proses pembangunan kelok 18 dan JJLS dapat berjalan sesuai target, meski sebelumnya beberapa lelang tertunda karena pandemi COVID-19.

Ditanya berapa persen pengerjaan yang sudah terlaksana hingga saat ini, dirinya belum memastikan.

"Presentasinya belum bisa kami pastikan. Ini masih terus berjalan. Setelah di Kretek-Girijati, akan kembali lanjut Baran-Tepus," jelas dia.

Halaman
12
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved