Breaking News:

Berita Kesehatan

Mengenal Idiopathic Postprandial Syndrome, Kondisi yang Mirip Rendah Gula Darah

Idiopathic Postprandial Syndrome adalah suatu kondisi saat seseorang mengalami gejala hipoglikemia tetapi sebenarnya ia memiliki gula darah normal

diabetes.co.uk
Ilustrasi - kadar gula dalam darah 

TRIBUNJOGJA.COM - Idiopathic Postprandial Syndrome (IPS) adalah suatu kondisi saat seseorang mengalami gejala hipoglikemia tetapi sebenarnya ia memiliki kadar gula darah yang normal.

Orang mungkin bingung antara IPS dengan kondisi lain dengan gejala yang sama, tetapi ini adalah kondisi yang berbeda. Tidak jelas mengapa IPS terjadi dan mengapa terjadi setelah makan. Kondisi itu tampaknya tidak ada hubungannya dengan glukosa darah rendah.

Karena peneliti belum mengetahui penyebab IPS, tidak banyak pilihan pengobatan. Saat ini, dokter mungkin menyarankan perubahan pola makan atau pengobatan untuk memperlambat penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

Baca juga: Pahitnya Minta Ampun! Tapi Sambiloto Berkhasiat Turunkan Gula Darah

Tentang Idiopathic Postprandial Syndrome

Idiopathic postprandial syndrome (IPS) terjadi ketika seseorang mengalami gejala gula darah rendah meskipun gula darahnya dalam kisaran yang sehat.

Istilah idiopatik berkaitan dengan suatu kondisi yang berkembang dari penyebab yang tidak diketahui, dan postprandial berarti gejala yang terjadi setelah makan.

Banyak orang mengasosiasikan kadar gula darah rendah dengan diabetes. Namun, orang dapat mengalami hipoglikemia non-diabetes, yang berarti seseorang memiliki gula darah rendah tanpa diabetes.

Baca juga: Cara Mengetahui Kadar Gula Darah Anda : Termasuk Hiperglikemia atau Hipoglikemia?

Diabetes dan hipoglikemia non-diabetes muncul dengan kadar gula darah rendah secara klinis 70 miligram per desiliter (mg / dL) atau kurang, sedangkan IPS tidak.

IPS berbeda dari hipoglikemia dalam beberapa hal berikut ini:

  • Orang dengan IPS kemungkinan akan memiliki kadar gula darah normal antara 80-130 miligram per desiliter (mg / dl). Orang dengan hipoglikemia diabetes atau non-diabetes memiliki kadar gula darah lebih rendah dari 70 mg / dl.
  • IPS dapat mengganggu kehidupan sehari-hari tetapi kecil kemungkinannya menyebabkan komplikasi jangka panjang. Hipoglikemia dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa, termasuk kerusakan jangka panjang pada sistem saraf dan dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Baca juga: Penyebab Gula Darah Rendah atau Hipoglikemia, Waspadai Potensi dan Dampak Negatifnya untuk Tubuh

Apa saja gejala IPS?

Halaman
12
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved