Breaking News:

Bisnis

KAI Daop 6 Yogyakarta Tambah Pelayanan Pemeriksaan GeNose C19  di 3 Stasiun

Daop 6 Yogyakarta tambah pelayanan pemeriksaaan Genose C19 pada 3 Stasiun yakni Stasiun Wates, stasiun Purwosari, dan Stasiun Klaten.

istimewa
Daop 6 Yogyakarta tambah pelayanan pemeriksaaan Genose C19 pada 3 Stasiun yakni Stasiun Wates, stasiun Purwosari, dan Stasiun Klaten. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta tambah pelayanan pemeriksaaan Genose C19 pada 3 Stasiun yakni Stasiun Wates, stasiun Purwosari, dan Stasiun Klaten.

Penambahan 3 stasiun tersebut, termasuk ke dalam 21 stasiun yang ditambah pelayanan pemeriksaan Genose C19 oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) per 30 Maret 2021.

Di antaranya, Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Wates, Klaten, Purwosari, Blitar, Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, Kalisetail, dan Probolinggo.

Penambahan tersebut merupakan sinergi BUMN antara KAI dan Indofarma melalui anak usahanya Farmalab.

Baca juga: PT KAI Daop 6 Kembali Operasikan Kereta Api yang Terhenti Karena COVID-19, Ini Daftarnya

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan, dengan adanya penambahan ini, jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 44 stasiun.

"Sebelumnya, terdapat 23 stasiun yang telah melayani pemeriksaan GeNose C19 yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Madiun, Jombang, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Jember, dan Ketapang," jelasnya melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, pada Senin (29/03/2021).

Ia melanjutkan, penambahan secara bertahap dari 2 stasiun pada awal Februari hingga 44 stasiun pada akhir Maret ini merupakan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan untuk memenuhi syarat bepergian dengan Kereta Api pada masa pandemi COVID-19.

Kereta Api menjadi moda yang paling awal menerapkan pemeriksaan GeNose C19. Hingga 28 Maret 2021, KAI telah melayani 345.668 peserta pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun.

"Masyarakat sangat antusias akan produk buatan Indonesia ini. Hal tersebut dikarenakan proses yang mudah, cepat, nyaman, dan harganya terjangkau hanya Rp30 ribu,"tuturnya.

Baca juga: Mulai Sabtu 20 Maret 2021 Akhir Pekan Ini, Tarif Pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Kereta Api Naik

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

“Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 44 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh,” lanjutnya.

Sementara itu, khusus bagi pelanggan yang hendak berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, dapat memesan layanan pemeriksaan GeNose C19 melalui aplikasi KAI Access. 

Caranya, pada saat melakukan pembelian tiket Kereta Api Jarak Jauh, pelanggan dapat menambahkan layanan pemeriksaan GeNose C19 langsung pada aplikasi KAI Access.

“Dengan semakin banyaknya stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini, diharapkan dapat mendukung kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," tutupnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved