Breaking News:

Jelang Ramadhan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Tinjau Ketersediaan Beras di Gudang Bulog Klaten

Menjelang masuknya bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek ketersediaan beras

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau ketersediaan beras di Gudang Bulog Desa Banaran, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Senin (29/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Menjelang masuknya bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek ketersediaan beras di gudang Bulog di Desa Banaran, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Senin (29/3/2021).

Pantauan Tribun Jogja di gudang Bulog tersebut, Ganjar Pranowo tiba di lokasi sekitar pukul 13.18 WIB. Setiba di sana, ia tampak langsung memasuki gudang utama Bulog tersebut.

Di sana, ia tampak berbincang dengan Kepala Bulog Jawa Tengah, Miftahul Ulum dan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya.

Baca juga: UPDATE Transfer AC Milan: Membandingkan Target Striker Rossoneri; Vlahovic, Malen, Belotti dan Nunez

"Insyallah (ketersediaan) beras aman sampai ramadhan. Jadi kalau untuk ketahanan pangan kita tahan ya," ujarnya saat ditemui di sela-sela meninjau gudang Bulog tersebut.

Menurutnya, sejak Januari hingga Mei 2021 ini, Jawa Tengah mengalami surplus beras sebesar 1,6 juta ton beras.

"Sebenarnya surplus beras ini bisa kita kontrobusikan kepada provinsi lain. Tinggal kita kalkulasi saja. Tahun kemarin itu penghasil beras paling banyak itu jawa timur ya," jelasnya.

Kemudian kata dia, surplus beras juga tidak bisa dipisahkan karena bulan April merupakan puncak dari panen raya di Jawa Tengah.

"Bulan april adalah peeks tertinggi dalam panen raya di Jawa Tengah. Nanti peeks masa tanam kedua di bulan juni. Jika kita bicara seberapa banyak produksi kita, jawabnya melimpah," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Widiyanti, mengatakan ketersediaan beras di Kabupaten Klaten diprediksi aman hingga tujuh bulan kedepan atau hingga Oktober 2021 mendatang karena masuknya panen raya di daerah itu pada awal tahun ini.

Ia merinci, di Klaten pada bulan Maret, April, Mei dan Juni adalah bulannya panen raya di Kabupaten Klaten.

Halaman
12
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved