Breaking News:

Fokus Tangani Pandemi COVID-19, Peneliti UGM Sebut Temuan Kasus TBC di Indonesia Menurun Tajam

“Hampir seluruh sumber daya yang ada di sektor Kesehatan maupun sektor lainnya dioptimalkan untuk menangani COVID-19. Kondisi tersebut berdampak

alodokter.com
Ilustrasi Tuberkulosis 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Penemuan kasus tuberkulosis (TBC) di Indonesia menurun tajam akibat pandemi COVID-19.

Adanya wabah virus corona baru ini menyebabkan sebagian besar sumber daya yang ada di masyarakat ditujukan untuk mengatasi penyakit tersebut.

Akibatnya, penanggulangan penyakit lainnya menjadi terabaikan, termasuk TBC.

Project Leader Zero TBC Yogyakarta sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKM) UGM dr Rina Triasih MMed(Paed) PhD SpA (K) menyampaikan informasi bahwa pandemi COVID-19 membuat temuan kasus TBC di Indonesia menurun.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Pemadaman Listrik di DI Yogyakarta Hari Ini, Sabtu 27 Maret 2021

Data Kemenkes 2020 mencatat hanya ada 271.750 kasus TBC yang ternotifikasi atau ditemukan, menurun tajam jika dibandingkan temuan pada tahun 2019 sejumlah 568.987 kasus.

Sementara itu, perkiraan jumlah kasus di Indonesia pada tahun 2020 sekitar 840.000.  

“Hampir seluruh sumber daya yang ada di sektor Kesehatan maupun sektor lainnya dioptimalkan untuk menangani COVID-19. Kondisi tersebut berdampak pada penemuan kasus dan penanganan TBC jadi menurun signifikan,” terangnya, Sabtu (25/3/2021). 

Rina mengatakan kondisi tersebut menjadi tantangan bagi pemerintah yang memiliki target dapat mengeliminasi TBC pada 2030 mendatang.

Dengan masih banyaknya pasien TBC yang belum didiagnosis dan diobati, berarti masih banyak sumber penularan TBC di masyarakat.

Apabila tidak tertangani dengan baik dan benar tidak hanya akan menambah jumlah kasus TBC baru, tetapi juga bisa meningkatan angka kematian.

Halaman
1234
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved