Breaking News:

Jadi Sumber Protein Warga, Bupati Gunungkidul Tebar Benih Ikan di Sejumlah Telaga

Bupati Gunungkidul Sunaryanta melakukan penaburan benih ikan di sejumlah telaga pada Jumat (26/03/2021).

Istimewa
Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan Ketua DPRD Gunungkidul menabur benih ikan di Telaga Kanigoro, Kalurahan Tambakromo, Ponjong pada Jumat (26/03/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Bupati Gunungkidul Sunaryanta melakukan penaburan benih ikan di sejumlah telaga pada Jumat (26/03/2021).

Ia didampingi oleh Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul, Krisna Berlian.

Krisna mengatakan penaburan benih ikan diharapkan bisa membantu warga Gunungkidul mendapatkan sumber protein berkualitas. Salah satunya mencegah stunting.

Baca juga: PCNU Sleman Akan Gelar Konferensi Akbar Tahun 2021 Hari Minggu Besok

"Ikan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu penghasilan warga nantinya," katanya usai penaburan benih di Telaga Kanigoro, Kalurahan Tambakromo, Kapanewon Ponjong.

Adapun pihaknya menargetkan 9 titik telaga di Ponjong mendapat benih ikan berupa 22.500 ekor Nila, 7.800 ekor Mas, dan 7.534 ekor Tawes. Pakan sebanyak 360 kilogram pun turut disediakan.

Sunaryanta mengatakan aksi penaburan benih ini terkait dengan visi-misinya sebagai Bupati. Antara lain memajukan sektor perikanan warga Gunungkidul.

"Sedari awal ada 3 sektor yang ingin dikembangkan, yaitu peternakan, perikanan, pertanian," katanya.

Sunaryanta pun berharap benih ikan yang sudah disebar benar-benar dimanfaatkan baik oleh masyarakat. Ia menargetkan seluruh telaga di Gunungkidul mendapat benih ikan tersebut.

Sementara Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti menilai ada dampak menguntungkan lain dari penaburan benih ikan ini. Salah satunya menjaga kondisi lingkungan.

"Semakin banyak telaga yang disasar maka ekosistemnya pun juga lebih terjaga," kata Endah.

Baca juga: Sosok DSD Korban Pembunuhan di Wisma Sermo Kulon Progo Di Mata Keluarga

Ia mengatakan program penaburan benih ikan telah dianggarkan lewat APBD 2021. Nantinya pelaksanaan diserahkan sepenuhnya pada DKP Gunungkidul.

Endah pun mengatakan warga bisa memanfaatkan program ini untuk menambah penghasilan mereka. Hal itu juga sesuai dengan visi ekonomi kerakyatan yang digaungkan Sunaryanta.

"Telaga bisa dijadikan destinasi tambahan di Gunungkidul, selain pantai dan pegunungan," jelasnya. (alx)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved