Breaking News:

Yogyakarta

Soal Masalah Sampah di TPST Piyungan, Wakil Ketua DPRD DIY: Perlu Siapkan Solusi Alternatif

Wakil Ketua DPRD DIY meminta Pemda DIY menyiapkan solusi alternatif untuk menghadapi kondisi TPST Piyungan yang tengah mengalami kelebihan kapasitas.

TRIBUNJOGJA.COM
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana meminta Pemda DIY menyiapkan solusi alternatif untuk menghadapi kondisi TPST Piyungan yang tengah mengalami kelebihan kapasitas. 

Huda mengungkapkan, Pemda DIY sebaiknya tidak sekadar bergantung kepada skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sebagai solusi satu-satunya, mengingat proses KPBU membutuhkan waktu panjang.

Terlebih TPST tersebut telah berulang kali mengalami buka tutup operasional dan dampaknya sangat dirasakan masyarakat DIY.

"Misalnya kita cari lokasi lain yang aman dan TPST ditutup sementara sampai ketemu metode pemusnahan atau KPBU selesai," terang Huda.

Baca juga: Krisis Sampah di DI Yogyakarta Terus Berulang, BEM KM UGM Kritisi Pengelolaan Sampah TPST Piyungan

"Padahal tutup sehari dua hari sudah akan sangat mengganggu warga terutama di kota dan daerah padat yang sampahnya dibuang ke TPST Piyungan,” tambahnya.

Sebagai solusi jangka panjang, Huda menyetujui upaya pengadaan teknologi pemusnah sampah.

Namun, untuk mewujudkan inovasi tersebut, membutuhkan jangka waktu yang panjang.

"Proses ini (KPBU) sudah dimulai sejak tahun 2018 atau 2019 tapi sampai saat ini belum ketemu rekanan yang mau mengelola,” paparnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved