Breaking News:

CPNS 2021

Pastikan Terbebas dari Calo, Seleksi CPNS 2021 Pakai Teknologi Pemindai Wajah

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) berencana menggunakan teknologi face recognition untuk memindai wajah peserta seleksi CPNS.

Editor: Hari Susmayanti
dok. tribunnews
Info Seleksi CPNS 2021 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Pemerintah terus melaksanakan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Salah satu perbaikan sistem penerimaan CPNS adalah dengan langkah antisipasi untuk mencegah penggunaan calo.

Caranya, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) berencana menggunakan teknologi face recognition untuk memindai wajah peserta seleksi CPNS.

Dengan begitu, nantinya jika ada calo akan terdeteksi dengan mudah.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan saat ini pihaknya tengah mengupayakan sebuah cara untuk mencegah penggunaan calo.

"Untuk menjaga jaminan security daripada tesnya, kami membuat aplikasi face recognition. Ini bisa melihat wajah dari peserta ujian.

Jadi enggak memungkinkan ada calo," ujar Bima, dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021). 

Bima pun meyakini era saat ini akan berbeda dengan era lalu dimana calo atau joki dapat dengan mudahnya membaur dalam ujian. 

"Kalau dulu masih mungkin ada calo masuk atau joki, untuk yang sekarang ini nggak bisa lagi. Jadi (teknologi face recognition) bisa untuk menetralkan upaya-upaya untuk menggunakan joki dalam tes CPNS," imbuh Bima.

Baca juga: Besaran Gaji Lulusan SMA/SMK jika Lolos CPNS 2021, Terendah Rp 2.022.200, Tertinggi Rp 3.820.000

Baca juga: Perhatikan Lagi Jadwal Tes CPNS/PPPK 2021 Jangan Sampai Terlewatkan, April Mulai Rekrutmen

Pernyataan senada disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved