Breaking News:

Komunitas Profesi Sales Indonesia Bersiap Gelar Vokasi Mahasiswa - Sales Rebound 2021

Komunitas Profesi Sales Indonesia (KOMISI) menggelar kegiatan sinergi menjembatani link and match perusahaan dan perguruan tinggi

Istimewa
Dr Aqua Dwipayana (Motivator Nasional & Pakar Komunikasi) bersama Sekar Tyas Nareswari (Ketua Divisi Vokasi KOMISI) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komunitas Profesi Sales Indonesia (KOMISI) menggelar kegiatan sinergi menjembatani link and match perusahaan dan perguruan tinggi melalui Acara Nasional yang bertajuk Vokasi Mahasiswa - Sales Rebound 2021 yang mulai dipersiapkan pada akhir Maret ini.

Acara dimulai dengan tahap persiapan pada 25 Maret 2021 untuk penjaringan peserta dan pemateri, pembekalan 19 April 2021, dan berakhir penentuan pemenang 31 Mei 2021.

Ketua Divisi Vokasi KOMISI Sekar Tyas Nareswarimemaparkan bahwa ide tersebut muncul dikarenakan dampak pandemi yang mengakibatkan mahasiswa atau calon lulusan perguruan tinggi saat ini harus bersaing ketat dengan tenaga kerja terdidik dan terampil yang sebelumnya telah mempunyai pengalaman dalam perusahaan.

Namun diberhentikan karena kondisi perusahaan yang bangkrut.

Baca juga: Setahun Covid-19, Pembelajaran Daring di Kulon Progo Masih Terkendala Minimnya Fasilitas Internet

Menurut Sekar, dalam kondisi pandemi, berimbas pada efisiensi yang dilakukan perusahaan terutama dalam mengurangi jumlah tenaga kerjanya.

Hal tersebut menutup peluang mahasiswa dan calon lulusan perguruan tinggi untuk bersaing di dunia kerja dan dunia usaha nantinya.

"Karena perlu melawan mantan tenaga kerja yang sudah lebih mumpuni secara hard skill dan soft skill namun tidak bisa melanjutkan pekerjaan sebab perusahaannya tutup," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jogja, Senin (22/3/2021).

Atas keprihatinan tersebut, Komunitas Sales Divisi Vokasi ini perlu menjembatani dengan sistem akselerasi sehingga mahasiswa pun memiliki percepatan ilmu hard skill dan soft skill meski hanya didampingi dalam program dua bulan (April - Mei).

Diawali pembekalan dari tokoh, praktisi, trainer serta sharring para orang hebat dibidang sales dan leader atau top manajemen IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja).

Lalu mahasiswa diterjunkan pada kondisi riil peluang usaha dan pekerjaan nyata dalam perusahaan kecil, menengah atau besar, diminta membuat ide inovasi dan implementasi serta diberikan award bagi yang berprestasi dalam serangkaian penilaian yang nantinya perlu dilewati dengan sistem gugur, baik via daring dan luring di seluruh Indonesia.

Halaman
12
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved