Breaking News:

STISIP Kartika Bangsa Gelar Pelatihan SPMI-PT, Tingkatkan Mutu dan Standar Kampus

Pengetahuan tentang SPMI-PT ini penting untuk dikuasai karena itu merupakan dapur bagi Perguruan Tinggi.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
STISIP Kartika Bangsa gelar pelatihan SPMI-PT untuk jamin mutu dan kualitas kampus 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Kartika Bangsa menggelar pelatihan penyegaran sistem penjaminan mutu perguruan tinggi, Senin (15/3/2021) lalu.

Hal ini dilakukan karena menyadari adanya Undang-Undang (UU) No 12 Tahun 2012 yang mewajibkan Perguruan Tinggi (PT) memiliki sistem penjaminan mutu atau yang biasa disingkat SPMI-PT.

“Acara ini juga kami selenggarakan agar civitas akademika STISIP dapat melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Ketua Unit Penjaminan Mutu STISIP Kartika Bangsa, Ari Diah Sinta SSos MA.

Menurutnya, pengetahuan tentang SPMI-PT ini penting untuk dikuasai karena itu merupakan dapur bagi PT.

Baca juga: STISIP Kartika Bangsa Gelar Pelatihan SPMI-PT, Tingkatkan Mutu dan Standar Kampus

PT perlu menyiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran.

Dengan begitu, tahapan SPM sebagaimana dirumuskan DIKTI, yaitu Penetapan Standar, Pelaksanaan Standar, Evaluasi, Pengendalian Standar, dan Peningkatan Standar, dapat dilaksanakan dengan baik.

Ia mengatakan, dalam kegiatan itu, pihaknya mengundang Drs Suprapto dari Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai narasumber.

“Narasumber kami menyampaikan tentang Sistem Penjaminan Mutu PT dan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu PT,” tandasnya.

Pelaksanaan itu dilakukan secara terbatas pada kalangan Pimpinan STISIP, BAAK, BAU, Kaprodi, dan perwakilan Dosen saja demi mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Hadapi Era Society 5.0, Perguruan Tinggi Diminta Rombak Pola Pendidikan

Sementara, Suprapto mengatakan, untuk melaksanakan SPMI-PT, diperlukan pemenuhan asas-asas seperti komitmen pimpinan, internally driven dan budaya mutu.

“Ternyata, STISIP Kartika Bangsa sudah menunjukan komitmen tersebut dengan terlaksananya Penyegaran SPMI-PT ini,” ucapnya.

Ia melanjutkan, jika ingin membahas SPMI-PT, setidaknya ada beberapa hal yang dibahas, termasuk dokumen, audit mutu internal dan implementasinya.

“Sistem Penjaminan mutu PT adalah proses penetapan dan pemenuhan standar pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga stakeholders memperoleh kepuasan,” tuturnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved