Breaking News:

KPU DIY Gandeng Tribun Jogja Gelar Pelatihan Jurnalistik

Dalam pelatihan ini, KPU DIY menggandeng tim Tribun Jogja sebagai pemateri. Pelatihan dibuka langsung oleh Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan

Tribun Jogja/Ikrob Didik
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DI Yogyakarta, Hamdan Kurniawan (kedua dari kiri) saat membuka Pelatihan Jurnalistik KPU DIY, Kamis (18/3/2021), di Kenes Bakery & Resto Gejayan, Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DI Yogyakarta menggelar pelatihan jurnalistik, Kamis (18/3/2021), di Kenes Bakery & Resto Gejayan, Sleman.

Dalam pelatihan ini, KPU DIY menggandeng tim Tribun Jogja sebagai pemateri. Pelatihan dibuka langsung oleh Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan.

Dalam sambutannya Hamdan mengatakan, KPU memiliki buletin digital, webiste dan media sosial yang digunakan untuk mempublikasikan kegiatan dan sosialisasi berbagai pengumuman.

"Maka dari itu, kami butuh ilmu-ilmu jurnalistik tentang menulis berita yang baik dan benar. Kami ini juga punya wartawan, mereka adalah para staf yang diberdayakan untuk meliput kegiatan KPU," katanya. 

Wartawan KPU inilah yang memasok berita di website dan media sosial. Namun menurut Hamdan, utamanya webiste, masih belum aktif mempublish berita secara rutin karena berbagai kendala.

"Ada beberapa website KPU di daerah (wilayah DIY,-red) yang masih jarang posting berita kegiatannya. Semoga setelah pelatihan dari tim Tribun Jogja ini, bisa aktif karena sudah dapat tips dan triknya," katanya.

Pelatihan ini tak hanya diikuti oleh tim KPU DIY, namun juga KPU di kabupaten/kota yakni Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul, dan Sleman.

Para peserta di daerah mengikuti pelatihan secara daring lewat aplikasi zoom. Pelatihan juga disiarkan secara live streaming di channel youtube KPU DIY.

Materi pertama dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan ilmu tentang pengelolaan media sosial oleh Mona Kriesdinar, Social Media Specialist Tribun Jogja. Mona memberikan tips mengelola berbagai media sosial yang memiliki karakter berbeda-beda.

Kemudian di materi kedua, peserta mendapatkan penjelasan tentang teknik menulis berita dan pengelolaan webiste dari Ikrob Didik, Digital Manager Tribun Jogja. Dalam sesi ini juga dilakukan bedah dan evaluasi hasil tulisan berita para peserta. (*)

Penulis: Ikrob Didik Irawan
Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved