Breaking News:

Jawa

Satgas COVID-19 Tunggu Arahan Pusat Soal Rencana Pembelajaran Tatap Muka di Magelang

Pemkab Magelang mengaku masih mengkaji rencana pembelajaran tatap muka di wilayah setempat.

TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahya Pribadi saat memberikan keterangan kepada wartawan soal rencana pembelajaran tatap muka di wilayah setempat. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang mengaku masih mengkaji rencana pembelajaran tatap muka di wilayah setempat.

Meski kasus COVID-19 di wilayah itu diklaim cenderung menurun selama beberapa bulan terakhir, namun Pemkab tidak mau gegabah dan tetap akan mengikuti ketentuan dari pemerintah.

"Meskipun kecenderungannya kita menunjukkan ke arah yang lebih aman ya, tetapi kami masih terus mengkaji dan mencermati perkembangan situasi sampai saat ini memungkinkan atau tidak pembelajaran tatap muka ini, sehingga kami masih ikuti dulu dan semoga yang disampaikan pemerintah pusat bisa dilaksanakan yang rencananya akan diterapkan pada Juli mendatang," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahya Pribadi, Rabu (17/3/2021).

Baca juga: 1.500 Pedagang Pasar di Kabupaten Magelang Divaksin

Nanda mengatakan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat dalam melakukan kajian terkait dengan kegiatan-kegiatan sekolah yang kurang maksimal dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Namun hal itu dilakukan secara ketat dan terbatas dengan ketentuan tertentu misal aktivitas persiapan ujian dan lain sebagainya.

"Untuk saat ini menurut kami masih belum bisa diterapkan, namun yang meminta izin itu ada beberapa tapi masih tetap belum bisa kami berikan," imbuhnya.

Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang disebut dia juga tidak mau mengambil risiko jika ke depan pembelajaran tatap muka digelar dan kasus COVID-19 kembali melonjak terkhusus di kawasan sekolah.

Maka itu, pihaknya akan menunggu kajian dari bidang kesehatan terlebih dahulu mengenai kesiapan dan hal lainnya dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka.

Baca juga: Zonasi Penularan Covid-19 di Kabupaten Magelang Menuju Zona Kuning

"Kalau memungkinkan menurut kajian dari bidang penanganan kesehatan dan itu bisa dilaksanakan ya saya kira bisa dilaksanakan, tapi untuk saat ini belum ya," katanya.

Sementara dengan semakin dekatnya asesmen nasional pengganti Ujian Nasional (UN) yang rencananya bakal digelar Maret-April nanti sejumlah sekolah di kabupaten Magelang disebut berinisiatif untuk memberikan bimbingan dan persiapan kepada para peserta didik.

Namun, Pemkab tetap menegaskan agar kegiatan itu dilakukan secara daring dan tidak boleh tatap muka.

"Mungkin bisa jadi dilakukan di sekolah tapi tidak bertatap muka secara langsung dengan pembimbingnya maupun guru dan itu pun mesti minta izin ke Satgas agar kami bisa mengawasi," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved