Breaking News:

Jawa

Masyarakat Klaten Telah Mendapatkan Suntikan Vaksin COVID-19

Sebanyak 20.175 warga Kabupaten Klaten yang terdiri dari berbagai unsur telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Tim Teknis Satgas PP COVID-19 Klaten, Anggit Budiarto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 20.175 warga Kabupaten Klaten yang terdiri dari berbagai unsur seperti pelayan publik mulai dari tenaga kesehatan hingga lansia telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama.

Jumlah 20.175 warga yang mendapat vaksin tersebut dimulai sejak dilakukannya pencanangan program vaksinasi di Kabupaten Klaten pada Senin (25/1/2021) yang lalu.

Kala itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani dan sejumlah forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan tokoh masyarakat hingga tokoh agama, mengawali program pencanangan vaksinasi COVID-19 tersebut di RSUD Bagas Waras, Klaten.

Baca juga: Setahun Pandemi Covid-19 di Klaten, Tingkat Kunjungan Wisatawan Turun Drastis

"Dari masyarakat Klaten yang terdiri dari berbagai unsur seperti pejabat, nakes, pegawai publik dan lansia sudah 20.175 orang yang mendapat vaksin dosis pertama," ujar Tim Teknis Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pengendalian COVID-19 Klaten, Anggit Budiarto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/3/2021).

Ia mengatakan, data 20.175 orang tersebut merupakan data terbaru yang ia terima yakni pada Selasa (16/3/2021).

Kemudian, dikatakan Anggit, dari data 20.175 orang itu, sebanyak 9.696 orang diantaranya sudah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua.

"Sementara untuk lansia dan yang lainnya belum mendapatkan suntikan dosis tahap kedua karena harus menunggu masa vaksin dosis pertama di dalam tubuh itu selama 28 hari. Jika setelah 28 hari baru disuntik vaksin dosis kedua," ujarnya.

Menurut Anggit, pada awalnya rentang penyuntikan vaksin dosis pertama dengan dosis kedua di Klaten berjarak 14 hari.

Baca juga: BREAKING NEWS : 10 Pegawai Positif COVID-19, Pengadilan Agama Klaten Ditutup 3 Hari

"Namun saat ini keluar surat edaran baru dari kementerian kesehatan tentang waktu rentang suntikan dosis pertama dengan kedua itu berjarak 28 hari," katanya.

Ia pun mengimbau masyarakat yang telah menerima vaksin COVID-19 dosis pertama maupun dosis kedua untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di manapun berada.

Diakui pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Klaten itu, protokol kesehatan COVID-19 merupakan hal yang wajib untuk selalu diterapkan.

"Prokes COVID-19 itu nomor satu. Terlepas dari sudah vaksin atau belum itu tetap penting. Bukan berarti setelah vaksin kita tidak bisa tertular. Hukumnya wajib menerapkan protokol kesehatan," paparnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved