Breaking News:

Bupati Magelang Pantau Proses Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan Sekretariat Daerah

Untuk diketahui, vaksinasi Covid-19 saat ini masih diprioritaskan kepada pelayan publik seperti salah satunya adalah transportasi.

dok.istimewa
Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Kesehatan saat memantau proses vaksinasi Covid-19 secara langsung di lokasi Gor Gemilang, Selasa (16/3/20021). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, serta Kepala Dinas Kesehatan melakukan pemantauan proses vaksinasi Covid-19 secara langsung di lokasi GOR Gemilang, Komplek Setda Kabupaten Magelang, Selasa (16/3/2021) pagi.

"Saya hadir di sini bersama Pak Asisten I dan Bu Kepala Dinas Kesehatan untuk memastikan bahwa proses vaksinasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang berjalan dengan baik, dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan," ujar Bupati Magelang Zaenal Arifin di sela-sela memantau vaksinasi Covid-19 di GOR Gemilang.

Selain itu, Zaenal juga mencoba mengontrol sejauh mana cakupan yang semestinya sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Maka pihaknya akan terus mendorong Dinas Kesehatan untuk bersama-sama dengan OPD terkait lainnya agar membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi yang ada di wilayah Kabupaten Magelang.

"Ini tentunya akan membutuhkan banyak tenaga-tenaga. Kalau hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan saja tentunya tidak akan begitu cepat, mengingat jumlah masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang yang cukup banyak," ungkap Zaenal.

Lebih lanjut, Zaenal menyebutkan bahwa sampai di bulan Juni 2021 mendatang target vaksinasi di wilayah Kabupaten Magelang sebanyak 200 ribu.

Sementara sampai hari ini, Selasa (16/3/2021) Kabupaten Magelang baru bisa melaksanakan vaksinasi sekitar 25.000.

Untuk diketahui, vaksinasi Covid-19 saat ini masih diprioritaskan kepada pelayan publik seperti salah satunya adalah transportasi.

Menurutnya, sektor transportasi merupakan salah satu sarana virus Covid-19 untuk berpindah dan menyebar, maka harus ada perhatian lebih.

"Transportasi ini ikut membawa alur perjalanan virusnya, maka ini harus coba kita putus, oleh karena itu sektor transportasi juga mendapatkan prioritas di sini," jelas, Zaenal.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan melalui Kasi Surveilans dan Imunisasi, Dwi Susetyo memaparkan bahwa pengiriman vaksinasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang sampai saat ini sudah masuk pada tahap V.

Rinciannya antara lain tahap I tanggal 24 Januari 2021 sebanyak 4.000 vial/4.000 dosis. Tahap II tanggal 10 Februari 2021 sebanyak 490 vial/490 dosis, tahap III 1.200 vial/12.000 dosis, tahap IV 1.290 vial/12.900 dosis, dan tahap V tanggal 13 Maret 2021 sebanyak 1.900 vial/ 19.000 dosis.

Sedangkan proses vaksinasi saat ini masih diprioritaskan kepada pelayan publik dan juga kepada para lansia.

"Vaksinasi saat ini masih diprioritaskan kepada para pelayan publik. Namun kami juga menggenjot vaksinasi kepada para lansia juga. Karena para lansia ini sangat rentan terhadap paparan Covid-19, selain itu tingkat kematian pada lansia yang terpapar juga sangat tinggi sekali," papar Dwi. (*)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved