Breaking News:

Berita Kesehatan

Alasan Kenapa Gula Kurang Baik untuk Kesehatan dan Efeknya Bagi Penderita Diabates

Gula memiliki relevansi ekstra bagi penderita diabetes karena gula memiliki efek yang luar biasa dalam meningkatkan kadar gula darah

ist
Gula 

TRIBUNJOGJA.COM - Gula mungkin telah menjadi masalah kesehatan terkait makanan yang paling banyak dibahas dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya penelitian yang menghubungkan efek gula dengan risiko obesitas dan diabetes yang lebih besar.

Statistik menunjukkan bahwa kebanyakan orang kini mengonsumsi lebih banyak gula. Sayangnya banyak dari kita tidak menyadari bahwa gula tak hanya berasal dari gula murni atau makanan manis.

Gula juga terdapat pada makanan bertepung seperti roti, nasi atau kentang yang dipecah oleh pencernaan menjadi gula dalam jumlah yang sangat besar.

Sebagai gambaran, sepotong kecil roti gandum setara dengan tiga sendok gula. Oleh karena itu, penting bahwa makanan Anda juga tidak mengandung terlalu banyak karbohidrat.

Utamanya bagi para penderita diabetes. Gula memiliki relevansi ekstra bagi penderita diabetes karena gula memiliki efek yang luar biasa dalam meningkatkan kadar gula darah.

Baca juga: 5 Komplikasi Diabetes yang Paling Banyak Diderita, Kenali Gejalanya Berikut Ini

Alasan mengapa gula buruk bagi kesehatan?

Gula memberikan energi tetapi tidak memiliki nilai gizi lain. Karenanya gula sering disebut sebagai kalori kosong.

Gula meningkatkan kadar glukosa darah dengan cepat dan membutuhkan insulin untuk diproduksi (atau diambil melalui suntikan) karena kadar glukosa darah yang tinggi dari waktu ke waktu menyebabkan kerusakan.

Insulin menyebabkan sel-sel tubuh Anda mengambil glukosa bebas dalam aliran darah Anda. Jadi memiliki terlalu banyak gula berarti memiliki atau membutuhkan lebih banyak insulin.

Karena banyak sel yang mengambil glukosa adalah sel lemak, insulin itu sendiri dapat meningkatkan berat badan dan mengembangkan resistensi insulin, ciri khas diabetes tipe 2.

Halaman
12
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved