Breaking News:

Penyakit Diabetes

Wajib Tahu, Begini Cara Mencegah Diabetes Keturunan

Apakah Diabetes bisa menurun kepada anak? Jawabannya Diabetes bisa saja tak menurun ke keturunan penderitanya

SHUTTERSTOCK/Proxima Studio
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Apakah Diabetes bisa menurun kepada anak? Jawabannya Diabetes bisa saja tak menurun ke keturunan penderitanya, asalkan menjalani pola hidup sehat.

Diabetes atau penyakit kadar gula berlebihan dalam darah alias kencing manis, termasuk salah satu penyakit yang banyak ditemukan dan menjadi awal dari berbagai keluhan.

Karena menjadi salah satu penyakit yang banyak ditemukan dan ditakutkan, kabar dan informasi terkait dengan penyakit ini pun terbilang banyak.

Ilustrasi
Ilustrasi (Thinkstock)

Salah satu kabar yang kerap kali dibicarakan adlaah bahwa Diabetes bisa menurun kepada anak, meski demikian dr. Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menyebutkan bahwa ada faktor lain yang lebih berpengaruh.

“Diabetes memang ada faktor keturunan, tetapi faktor keturunan ini bukan satu-satunya faktor. Karena faktor yang lebih berpengaruh adalah faktor gaya hidup,” jelas dr. Santi menegaskan dalam video ‘Kamusehat’ di YouTube Sonora FM.

Dokter Santi menegaskan, meski pun seseorang memiliki ibu atau ayah yang mengalami Diabetes, ia tetap berkesempatan untuk terhindar dari penyakit tersebut dengan cara memiliki gaya hidup yang baik.

Baca juga: Alasan Penderita Diabetes Tak Boleh Melewatkan Sarapan, Awas Kadar Gula Darah!

“Jadi kalau misalnya, ibunya menderita Diabetes atau ayahnya menderita Diabetes, tapi dia pola hidupnya baik, kemungkinannya besar bahwa dia tidak akan menderita Diabetes seumur hidupnya,” tambah dr. Santi.

Ilustrasi luka diabetes di kaki
Ilustrasi luka diabetes di kaki (Shutterstock/ROOMPHOTO)

Dalam kesempatan ini, dr. Santi mengimbau agar seluruh masyarakat yang memiliki turunan Diabetes untuk tidak khawatir, karena hal itu bisa dilawan dengan pola hidup yang sehat.

“Jagalah pola hidup dengan baik sehingga bisa terhindar dari penyakit Diabetes,” imbau dr. Santi.

Pasalnya, pihaknya juga menyatakan bahwa penentu atau faktor di balik penyakit tersebut banyak, tidak hanya faktor genetik.

Sehingga, seseorang tanpa faktor turunan pun ketika tidak memiliki pola hidup yang baik, juga berpotensi mengalami Diabetes.(Sonora.id)

Editor: Rina Eviana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved