Breaking News:

Berita Kesehatan

Penting, Ini 7 Langkah Utama untuk Mencegah Kanker pada Wanita

Berikut ini sejumlah langkah pencegahan kanker pada wanita atau langkah-langkah antisipasi untuk menurunkan risiko kanker

IST
Ilustrasi cek kanker linfoma atau kelenjar getah bening 

TRIBUNJOGJA.COM - Kanker menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi semua orang. Bahkan saking horornya, tak sedikit yang tidak mau memikirkannya termasuk di antaranya enggan untuk melakukan skrining rutin tahunan. Bagi wanita, skrining tahunan itu semisal untuk mammogram dan pap smear. Langkah ini sangat efektif untuk mengenali sejak dini potensi munculnya kanker, sehingga bisa dilakukan pengobatan sejak awal sebelum semuanya terlambat.

Berikut ini sejumlah langkah pencegahan kanker pada wanita atau langkah-langkah antisipasi untuk menurunkan risiko kanker sebagaimana dirilis CDC :

Cara mengurangi risiko kanker

Cara terbaik untuk mengurangi risiko terkena kanker adalah dengan menciptakan kebiasaan yang sehat dan seumur hidup. Mendapatkan pemeriksaan kanker tahunan seharusnya tidak menggantikan mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menjaga kesehatan Anda.

Sementara skrining tidak mencegah kanker. Hanya saja bisa membantu untuk mendeteksi kanker sejak dini sehingga dapat dilakukan pengobatan segera.

Selain itu, ada banyak jenis kanker seperti kanker pankreas dan kanker ovarium yang sulit dideteksi dengan pemeriksaan.

1. Hindari alkohol

Alkohol secara signifikan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

2. Jangan merokok, atau jika Anda merokok, berhentilah

Tembakau meningkatkan risiko kanker secara signifikan.

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved