Breaking News:

Graha Megawati Klaten Ditanami 48 Pohon Kurma Jenis Ajwa dan Kurma Trophis Thailand

Sebanyak 48 pohon kurma ditanami di Graha Megawati Soekarnoputri yang berlokasi di Desa Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah

Istimewa
Bupati Klaten, Sri Mulyani saat menanam pohon kurma di komplek Graha Megawati Klaten, Jumat (12/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 48 pohon kurma ditanami di Graha Megawati Soekarnoputri yang berlokasi di Desa Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jumat (12/3/2021) 

Puluhan pohon kurma tersebut merupakan hibah atau bantuan dari salah seorang warga yang bernama Razali Ismail Ubit.

Adapun pohon kurma yang ditanam di Graha Megawati ada dua jenis masing-masing pohon kurma tropis Thailand dan kurma Ajwa.

Baca juga: Sebanyak 55 Anggota DPRD DIY Jalani Vaksinasi Covid-19, Keluarga Anggota Dewan Tak Diikutsertakan

Sementara saat ditanam pohon kurma itu baru berusia satu tahun.  Pohon kurma ditanam di halaman Graha Megawati baik sisi depan dan kanan kiri gedung.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, penanaman pohon kurma di Graha Megawati bertujuan agar ke depannya Graha Megawati semakin indah dan menjadi kebanggaan masyarakat Klaten.

"Kami mengucap terimakasih kepada Pak Razali Ismail Ubit yang telah memberikan hibah berupa pohon kurma dan semoga lekas besar dan berbuah," ucapnya.

Ia pun berharap agar 48 pohon kurma tersebut bisa tumbuh dengan subur dan memiliki buah yang banyak sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Nantinya kalau bisa tumbuh besar dan berbuah juga untuk masyarakat Klaten karena lokasi penamaman pohon kurma cukup baik mendapat sinar matahari yang cukup," ujar Mulyani.

Kemudian, selain membantu pohon kurma di Graha Megawati Soekarnoputri sebanyak 48 pohon kurma, Razali Ismail Ubit juaga membantu pohon kurma di Masjid Raya Klaten sebanyak 6 pohon kurma dan Masjid Agung Al Aqsha Klaten 25 pohon kurma.

Sementara itu Razali Ismail Ubit mengatakan, membantu pohon kurma semata-mata dengan niat agar Graha Megawati Soekarnoputri, Masjid Raya dan Masjid Al Aqsha Klaten semakin indah dan nanti kalau berbuah juga untuk masyarakat Klaten.

Baca juga: Masih Berlakukan PPKM Mikro, Pemkab Klaten Belum Berani Laksanakan Belajar Tatap Muka di Sekolah

"Untuk pohon kurma tropis Thailand itu nantinya cepat berbuah dan kurma Ajwa merupakan kurma yang ditanam Nabi Muhammad SAW," katanya.

Razali Ismail Ubit menjelaskan, setelah penamaman pohon kurma baik di Graha  Megawati Soekarnoputri, Masjid Raya dan Masjid Al Aqsha Klaten, pihaknya juga memberikan pengertian cara peratawannya kepada para pengelola gedung dan masjid.

"Misalnya, setelah ditanam selanjutnya enam pulan berikutnya dipupuk buah sehingga tanaman dapat tumbuh subur dan nantinya segera berbuah," imbuhnya. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved