Breaking News:

Dispuspa Kabupaten Magelang Berkomitmen Selamatkan Dokumen Pemerintah

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang sebagai lembaga pembina kearsipan di daerah bertekad menyelamatkan dokumen

Ist
Ilustrasi dokumen 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang sebagai lembaga pembina kearsipan di daerah bertekad menyelamatkan dokumen (arsip) milik pemerintah.

Tekad itu ditegaskan Kepala Dispuspa, Bela Pinarsi, saat memberi sambutan dalam kegiatan sosialisasi audit kearsipan internal secara virtual, Jumat (12/3/2021).

Dalam kegiatan yang diikuti 47 SKPD se-Kabupaten Magelang tersebut, Bela menjelaskan penyelamatan dokumen itu akan direalisasikan dalam berbagai kegiatan bidang kearsipan.

Baca juga: Kembali Digelar Massal, Pelaku Usaha di Malioboro Bakal Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Termasuk di dalamnya kegiatan audit kearsipan internal yang direncanakan akan dilaksanakan di semua SKPD.

Dalam pelaksanaan kegiatan, pihaknya telah membentuk 10 tim yang terdiri para arsiparis dan auditor dari inspektorat yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan dan pembekalan.

"Dengan tim sejumlah itu kami yakin dalam waktu dua (2) bulan yaitu bulan Maret dan April tahun ini tugas tersebut akan selesai," terang Bela.

Namun demikian, perlu dipahami dalam situasi pandemi seperti ini saat semua anggota harus melaksanakan audit dengan menjaga protokol kesehatan. 

"Pakai masker, Jaga jarak, dan cuci tangan," pesannya.

Lebih jauh Bela menjelaskan manfaat penyelenggaraan audit kearsipan internal adalah untuk mengetahui kualitas penyelenggaraan kearsipan di jajaran Pemerintah Kabupaten Magelang di setiap aspeknya. 

"Nanti akan diketahui aspek-aspek mana yang sudah baik dan aspek mana yang perlu ditingkatkan. Sehingga akan mempermudah upaya pembinaan dan akan terwujud penyelenggaraan kearsipan yang sesuai standar. Dengan penyelenggaraan kearsipan yang baik maka tekad kami menyelamatkan dokumen arsip akan terwujud," jelasnya.

Baca juga: Kerusakan Talut di Embung Tambakboyo Sleman Meluas 

Hasil audit nantinya akan dirumuskan dalam bentuk laporan kinerja paling lambat Agustus 2021.

Hasilnya akan dilaporkan kepada Bupati Magelang, Sekda dan ANRI sebagai lembaga pembina kearsipan di tingkat nasional.

Audit Kearsipan bagi Kabupaten Magelang bukan kegiatan baru. Sejak 2017, ANRI telah menyelenggarakan audit terhadap penyelenggaraan kearsipan di Dispuspa sebagai lembaga pembina kearsipan. 

Hasilnya, Dispuspa mendapat penilaian sebagai lembaga penyelenggaraan kearsipan terbaik nasional pada 2019. Hanya satu tingkat di bawah Kota Yogyakarta.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menpan RB, Tjahyo Kumolo kepada Bupati Magelang di Kota Solo beberapa waktu lalu. (jsf)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved