Breaking News:

Cerita Aprilia Manganang Selalu Lolos Tes Gender Sebelum Operasi Korektif

Aprilia Manganang yang selalu lolos tes gender dan dinyatakan sebagai perempuan, selalu menyertakan dokumen negara dan menjalani pemeriksaan dokter.

Instagram @apriliamanganang_ / @manganang92
Aprilia Manganang 

Tribunjogja.com -- PBVSI mengakui Aprilia Manganang yang selalu lolos tes gender dan dinyatakan sebagai perempuan, selalu menyertakan dokumen negara dan menjalani pemeriksaan dokter.

KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Aprilia Manganang. Jenderal Andika Perkasa menegaskan bahwa Aprilia Manganang laki-laki seutuhnya dan bukan seorang transgeder
KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Aprilia Manganang. Jenderal Andika Perkasa menegaskan bahwa Aprilia Manganang laki-laki seutuhnya dan bukan seorang transgeder (Kolase Kompas.com/Instagram Aprilia Manganang)

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) mengakui jika Aprilia Manganang selama ini selalu lolos tes gender dan dinyatakan sebagai perempuan.

Aprilia Manganang dikenal sebagai salah satu talenta voli terbaik yang dimiliki Indonesia.

Di level nasional Aprilia Manganang telah menyabet gelar juara Proliga sebanyak empat kali.

Bersama timnas putri Indonesia, Aprilia Manganang pernah meraih medali perak SEA Games 2017 dan dua perunggu SEA Games (2013 dan 2015).

Manganang juga pernah tampil di kompetisi luar negeri Thai-Denmark Super League di Bangkok pada 2019 dan menjadi pemain putri terbaik.

PBVSI sebagai federasi bola voli tertinggi di Indonesia pun mengakui mereka baru mengetahui perubahan status gender Aprilia Manganang dari konfirmasi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jendral Andika Pratama.

Selama ini, PBVSI selalu menempatkan Aprilia Manganang sebagai pevoli putri berdasarkan dokumen negara yang ia miliki seperti KTP, KK dan paspor.

"Sebelum [Aprilia pensiun pada] 2020, PBVSI menempatkan April sebagai putri karena berdasarkan dokumen negara berupa KTP, KK, dan paspor," kata Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan PBVSI, Hanny S. Surkatty dalam konferensi pers via Zoom yang dihadiri BolaSport.com pada Kamis (11/3/2021).

Aprilia Manganang sebenarnya mengalami tekanan semasa bertanding karena dicurigai sebagai laki-laki.

Halaman
123
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved